dc.description.abstract | Pariwisata adalah kebutuhan umat manusia seiring dengan meningkatnya
kesejahteraan dan kemakmuran suatu bangsa dalam bidang ekonomi. Pertumbuhan
dan modernisasi dalam segala bidang kehidupan telah membawa dampak bagi
perkembangan dunia usaha di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari semakin
banyaknya perusahaan baru yang bermunculan di berbagi bidang usaha, baik itu
bidang industri maupun jasa, misalnya perbankan, usaha perjalanan wisata,
pariwisata, dan perhotelan. Di bidang perhotelan terdapat beberapa departemen salah
satunya adalah departemen kantor depan.
Departemen kantor depan merupakan bagian yang penting kedudukannya di
dalam suatu hotel. Departemen kantor depan (front office department) merupakan
pusat inti dari seluruh kegiatan hotel yang berrhubungan secara langsung dengan
tamu untuk menginap di hotel. Kegiatan Praktek Kerja Nyata dilaksanakan selama
dua bulan di Hotel Istana Jember. Tujuan dari kegiatan praktek kerja nyata yaitu
untuk menambah pengetahuan dan mengetahui peranan front office department
sebagai first impression di hotel. Berdasarkan hal tersebut permasalahan yang akan
dibahas adalah bagaimana peranan departemen kantor depan sebagai kesan pertama
penentu citra bagi tamu di Hotel Istana Jember.
Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa peranan departemen kantor depan
di Hotel Istana merangkap jadi satu. Petugas kantor depan bisa berperan sebagai
reception, reservation, telephone operator, front office cashier, dan information
section. Peranan kantor depan sebagai kesan pertama bagi tamu akan membawa citra
dari suatu hotel tersebut.Apabila kesan yang ditampilkan buruk, maka citra hotel
tersebut akan buruk pula di hadapan tamu dan begitu juga sebaliknya.
Departemen kantor depan harus memiliki sikap yang sopan, ramah, siap membantu,
dan murah senyum. Selain itu, juga harus memiliki hubungan yang baik dengan
setiap departemen yang ada di hotel. Hubungan yang baik tersebut misalkan saja
dengan hosekeeping department tentang laporan status kamar yang terbaru.
Hubungan kentor depan dengan accounting tentang laporan keluar masuknya uang
yang ada di hotel.
Simpulan yang diambil dari kegiatan praktek kerja nyata adalah hotel merupkan
industri jasa yang memadukan antara produk dan layanan. Front office department
merupakan ujung tombak dari sistem pemberian jasa, khususnya Hotel Istana. Front
office juga disebut sebagai first and last impression bagi tamu yang menginap di
Hotel Istana. Hotel akan memperoleh citra yang baik jika tamu mendapatkan kesan
yang baik pula dari hotel. | en_US |