Show simple item record

dc.contributor.authorLailatul Izzah
dc.date.accessioned2013-12-09T03:46:26Z
dc.date.available2013-12-09T03:46:26Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM100903102011
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6585
dc.description.abstractPariwisata adalah kebutuhan umat manusia seiring dengan meningkatnya kesejahteraan dan kemakmuran suatu bangsa dalam bidang ekonomi. Pertumbuhan dan modernisasi dalam segala bidang kehidupan telah membawa dampak bagi perkembangan dunia usaha di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya perusahaan baru yang bermunculan di berbagi bidang usaha, baik itu bidang industri maupun jasa, misalnya perbankan, usaha perjalanan wisata, pariwisata, dan perhotelan. Di bidang perhotelan terdapat beberapa departemen salah satunya adalah departemen kantor depan. Departemen kantor depan merupakan bagian yang penting kedudukannya di dalam suatu hotel. Departemen kantor depan (front office department) merupakan pusat inti dari seluruh kegiatan hotel yang berrhubungan secara langsung dengan tamu untuk menginap di hotel. Kegiatan Praktek Kerja Nyata dilaksanakan selama dua bulan di Hotel Istana Jember. Tujuan dari kegiatan praktek kerja nyata yaitu untuk menambah pengetahuan dan mengetahui peranan front office department sebagai first impression di hotel. Berdasarkan hal tersebut permasalahan yang akan dibahas adalah bagaimana peranan departemen kantor depan sebagai kesan pertama penentu citra bagi tamu di Hotel Istana Jember. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa peranan departemen kantor depan di Hotel Istana merangkap jadi satu. Petugas kantor depan bisa berperan sebagai reception, reservation, telephone operator, front office cashier, dan information section. Peranan kantor depan sebagai kesan pertama bagi tamu akan membawa citra dari suatu hotel tersebut.Apabila kesan yang ditampilkan buruk, maka citra hotel tersebut akan buruk pula di hadapan tamu dan begitu juga sebaliknya. Departemen kantor depan harus memiliki sikap yang sopan, ramah, siap membantu, dan murah senyum. Selain itu, juga harus memiliki hubungan yang baik dengan setiap departemen yang ada di hotel. Hubungan yang baik tersebut misalkan saja dengan hosekeeping department tentang laporan status kamar yang terbaru. Hubungan kentor depan dengan accounting tentang laporan keluar masuknya uang yang ada di hotel. Simpulan yang diambil dari kegiatan praktek kerja nyata adalah hotel merupkan industri jasa yang memadukan antara produk dan layanan. Front office department merupakan ujung tombak dari sistem pemberian jasa, khususnya Hotel Istana. Front office juga disebut sebagai first and last impression bagi tamu yang menginap di Hotel Istana. Hotel akan memperoleh citra yang baik jika tamu mendapatkan kesan yang baik pula dari hotel.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100903102011;
dc.subjectKANTOR DEPAN, CITRA BAGI TAMU, HOTEL ISTANA JEMBERen_US
dc.titlePERANAN DEPARTEMEN KANTOR DEPAN SEBAGAI KESAN PERTAMA PENENTU CITRA BAGI TAMU DI HOTEL ISTANA KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • DP-Travel Agent [250]
    Koleksi Laporan Praktikum Program DIII Usaha Perjalanan Wisata

Show simple item record