• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Efisiensi dan Pemasaran Strategis Agribisnis Kopi di Desa Manikliyu Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Propinsi Bali

    Thumbnail
    View/Open
    Ika Purwanti Agustin - 111510601005.pdf (2.754Mb)
    Date
    2015-12-02
    Author
    AGUSTIN, Ika Purwanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kopi merupakan tanaman perkebunan yang telah banyak di budidayakan di Indonesia. Kopi juga merupakan salah satu komoditas perkebunan andalan bagi sebagian besar masyarakat tani karena kopi masih menjadi salah satu komoditas ekspor yang menjanjikan. Perkebunan kopi yang ada di Desa Manikliyu Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Propinsi Bali merupakan perkebunan kopi rakyat karena perkebunana kopi arabika dibudidayakan oleh rakyat. Hasil produksi kopi arabika yang tinggi tidak diimbangi dengan proses pemasaran dan strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) efisisensi pemasaran kopi di Desa Manikliyu Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Propinsi Bali, (2) kondisi strategi pemasaran kopi di Desa Manikliyu Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Propinsi Bali, (3) pemilihan strategi pemasaran kopi di Desa Manikliyu Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Propinsi Bali. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) pemasaran kopi di Desa Manikliyu Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Propinsi Bali tidak efisien ditinjau dari struktur pasar yang terbentuk adalah struktur pasar oligopsoni, tingkah laku pasar tidak baik karena dalam penentuan harga didominasi oleh pedagang perantara, dan keragaan pasar yang belum baik. Berdasarkan perhitungan marjin pemasaran yang relatif besar, distribusi marjin yang tidak merata dan lebih banyak dinikmati oleh pedagang perantara, (2) petani kopi arabika di Desa Manikliyu Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Propinsi Bali menggunakan strategi pemasarannya dengan menggunakan strategi bauran pemasaran 16P yaitu meliputi Price, Place, People, Personell, Physical Distribution Mix, Personal Selling, dan Personal Handling, petani menilai bahwa strategi pemasaran kopi arabika yang mereka lakukan sudah cukup membantu proses pemasaran mereka, (3) variabel yang mempengaruhi keputusan petani dalam memasarkan produknya dalam bentuk olahan adalah variabel harga dan kecepatan memperoleh uang tunai dimana nilai signifikansinya <0,05 dan strategi pemasaran yang bisa diterapkan untuk meningkatkan minat petani terhadap pemasaran kopi olahan adalah strategi promosi dan kestabilan harga.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65823
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4363]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository