Show simple item record

dc.contributor.advisorSubiki
dc.contributor.advisorWahyuni, Sri
dc.contributor.authorFatimatuzzahro
dc.date.accessioned2015-12-02T06:31:48Z
dc.date.available2015-12-02T06:31:48Z
dc.date.issued2015-12-02
dc.identifier.nim100210102116
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65814
dc.description.abstractIlmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah ilmu salah satu bidang ilmu yang diperoleh dengan menggunakan langkah-langkah ilmiah dalam prosesnya untuk mempelajari tentang gejala-gejala alam. Seiring dengan berkembangnya kurikulum, dari kurikulum KTSP menjadi Kurikulum 2013 pembelajaran di sekolah lebih menekankan pemusatan pada siswa. Pada kenyataan di sekolah pembelajaran IPA masih terdapat guru yang menggunakan model biasa digunakan seperti direct instruction yaitu masih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran IPA menurut Sund & Trowbridge (dalam Widhy H, 2013) menyesuaikan dengan Kurikulum 2013 tidak hanya menekuni konsep-konsep IPA, tetapi juga mengajak siswa untuk lebih aplikatif dalam pengembangan ilmunya yakni mampu mengembangkan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan sikap peduli dan tanggung jawab terhadap lingkungan alam dan sosial. Oleh karena itu, dibutuhkan variasi. Salah satu variasi model yang dapat digunakan adalah penerapan model cooperative learning dengan teknik make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning dengan teknik make a match dan mengkaji perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning dengan teknik make a match pada pembelajaran IPA di SMP.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectCooperative Learningen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK MAKE A MATCH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record