Show simple item record

dc.contributor.advisorSubiki
dc.contributor.advisorHandayani, Rif’ati Dina
dc.contributor.authorTamimi A, Dimas Fawahid
dc.date.accessioned2015-12-02T06:28:08Z
dc.date.available2015-12-02T06:28:08Z
dc.date.issued2015-12-02
dc.identifier.nim100210102084
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65810
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas VIII di salah satu SMP Negeri di kabupaten Jember, diperoleh informasi bahwa dalam proses pembelajaran fisika di kelas telah di lengkapi dengan buku paket dan LKS, namun buku-buku yang digunakan masih bersifat konvensional dimana siswa hanya dapat menemukan teori, soal, praktikum dan sedikit gambar, sehingga sebagian besar siswa cenderung jenuh dan berdampak sulitnya menerima pelajaran fisika. Selain itu pada buku-buku pelajaran fisika yang beredar, masih sedikit yang mengkaitkan pelajaran fisika dengan karakter budaya bangsa yang sesuai dengan peningkatan pendidikan berkarakter yang digalangkan oleh pemerintah saat ini, yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta mempertahankan jati diri bangsa yang tergambar dalam budaya (karakter). Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan mengembangkan suatu Handout pembelajaran fisika yang dapat digunakan siswa selama proses pembelajaran. Handout pembelajaran fisika yang dirancang dapat mendukung pendidikan berkarakter melalui budaya (cultural), karena peran Handout dalam proses pendidikan menempati posisi yang sangat strategis dan turut menentukan tercapainya tujuan pendidikan. Handout berbasis cultural yang dihasilkan meliputi, yaitu: materi; gambar budaya; contoh soal; latihan soal; panduan praktikum; dan pengetahuan budaya. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan Handout fisika berbasis cultural yang valid, hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap Handout fisika yang dikembangkan. viii Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Handout fisika berbasis Cultural pada pembelajaran IPA-fisika di SMP. Pengembangan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Memahami keterbatasan peneliti dari aspek waktu dan biaya maka penelitian pengembangan ini memodifikasi model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D menjadi tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Alat perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi dan angket. Metode perolehan data yang digunakan adalah validasi, observasi, tes, dan pemberian angket. Data yang didapatkan adalah validasi, ketuntasan hasil belajar fisika siswa, dan respon siswa. Hasil validasi mendapatkan kesimpulan bahwa Handout pembelajaran fisika berbasis Cultural berkategori valid dan layak digunakan pada uji pengembangan di kelas. Uji pengembangan dilaksanakan dikelas VIII A SMP Negeri 2 Mayang sebagai kelas untuk uji pengembangan. Keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan hasil observasi telah terlaksana dengan baik. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 75 % sehingga siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Mayang mencapai ketuntasan hasil belajar secara classical. Siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Mayang memberikan respon positif terhadap penggunaan Handout fisika berbasis Cultural pada pembelajaran IPA-fisika di SMP, hal ini dikarenakan penggunaan Handout fisika berbasis Cultural merupakan hal yang baru, tidak membosankan untuk pembelajaran fisika dan mengingatkan kembali siswa terhadap budaya bangsa. Siswa menginginkan pembelajaran selanjutnya dapat menggunakan Handout yang berbasis budaya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPembelajaran IPAFisikaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN HANDOUT FISIKA BERBASIS CULTURAL PADA PEMBELAJARAN IPA-FISIKA DI SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record