• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS IIIA SDN 1 KERTOSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Nurcahya K.P. Raharjo.pdf (245.5Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Nurcahya Kristian Pusfito Raharjo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif model CIRC menggunakan media puzzle mata pelajaran IPS siswa kelas IIIA SDN Kertosari 01 kecamatan Pakusari kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kertosari 01 kecamatan Pakusari, dimulai pada tanggal 2 November 2010 sampai tanggal 16 Desember 2010, subyek penelitian adalah siswa kelas IIIA dengan jumlah siswa 36 anak, terdiri dari 18 laki-laki dan 18 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Hasil analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran IPS siklus I memperhatikan Pelajaran 67,4%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 59,7%, diskusi dalam kelompok 64,6%, memecahkan soal saat diskusi 64,6%, menjawab pertanyaan 62,5%, sampai pembelajaran siklus II mengalami peningkatan, memperhatikan pelajaran 81,9%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 79,2%, diskusi dalam kelompok 78,5%, memecahkan soal diskusi 84%, dan menjawab pertanyaan 78,5%. Kemudian hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar kuis pada siklus I secara klasikal sebesar 58% dan siklus II secara klasikal sebesar 86%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran CIRC menggunakan media puzzle untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa berjalan dengan baik dengan aktivitas belajar siswa pada pra siklus siswa kurang aktif, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 63,8% (kriteria aktif), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,42% (kriteria sangat aktif), dari hasil diatas dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 16,62%., (2) Penerapan model pembelajaran CIRC menggunakan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari dari ratarata hasil belajar siswa secara klasikal sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC adalah 59,8 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 38,8%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,8 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 58%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 78,8 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 86%, dari hasil diatas dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 9.00 kemudian pada siklus I ke siklus II dengan selisih 10,00.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6581
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository