• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X IPA-2 SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014-2015 (Pokok Bahasan: Fluida Statis)

    Thumbnail
    View/Open
    100210102003_Amalia Atmaja Putri.pdf (5.406Mb)
    Date
    2015-12-02
    Author
    Putri, Amalia Atmaja
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika adalah salah satu bagian dari sains, yang mempelajari fenomenafenomena alam yang kemudian memungkinkan terjadinya penelitian dengan percobaan yang dilakukan secara ilmiah. Oleh karena itu, siswa di dalam belajar fisika tidak hanya dikenalkan mengenai teori, prinsip, dan hukum-hukum fisika namun siswa diajarkan untuk bereksperimen di dalam maupun diluar laboratorium sebagai proses ilmiah untuk memahami pokok bahasan dalam fisika sehingga aktivitas belajar siswa di kelas dapat berjalan secara optimal dan menghasilkan hasil belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hasil observasi awal pembelajaran fisika pada materi elastisitas di semester genap menunjukkan bahwa masih ada beberapa kelas yang belum tuntas mencapai KKM yang ditetapkan sebesar 75 pada mata pelajaran fisika, salah satunya adalah kelas X IPA-2. Berdasarkan analisis data observasi awal dikelas X IPA-2 diperoleh persentase aktivitas belajar siswa sekitar 50%. Aktivitas belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata perolehan skor hasil belajar siswa sebesar 56,70 yang belum tuntas mencapai KKM. Berdasarkan hasil observasi tersebut, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Model Discovery Learning disertai Metode Eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dikelas X IPA-2 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa dengan Model Pembelajaran Discovery Learning disertai Metode viii Eksperimen pada siswa kelas X IPA-2 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas X IPA-2 SMA Muhammadiyah 3 Jember dengan jumlah 34 siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hopkins. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan kegiatan pra-siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penghitungan nilai N-gain digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dilihat dari keaktifan siswa. Pada pra siklus persentase aktivitas belajar siswa sebesar 46%, kemudian pada siklus 1 persentase aktivitas belajar siswa naik menjadi 77%, dan pada siklus 2 persentase aktivitas belajar siswa naik menjadi 87%. Diikuti dengan hasil perolehan N-gain pada siklus 1 sebesar 0,58 yang berarti peningkatan dalam kategori sedang dan pada siklus 2 sebesar 0,75 yang berarti peningkatan dalam kategori tinggi. Peningkatan aktivitas belajar siswa ini ternyata berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa meningkat dari pra-siklus ke siklus 1 dan dari prasiklus ke siklus 2 dengan N-gain sebesar 0,36 dan 0,62 pada kriteria sedang. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar dan hasil belajar fisika siswa kelas X IPA-2 SMA Muhammadiyah 3 Jember menggunakan model Discovery Learning disertai Metode Eksperimen telah mengalami peningkatan dibandingkan sebelum adanya tindakan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65739
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15350]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository