dc.description.abstract | Era globalisasi saat ini, ilmu pengetahuan yang didukung oleh teknologi
semakin berkembang pesat dan semakin maju. Masyarakat harus dibekali dengan
IPTEK agar mampu mengimbangi kemajuan tersebut. Pendidikan memang
mempunyai arti penting dalam kehidupan yakni berperan sebagai sebuah proses
dengan metode-metode tertentu sehingga orang memperoleh pengetahuan,
pemahaman, dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan. Aktivitas dan
hasil belajar siswa dapat meningkat jika guru dalam proses pembelajaran
menggunakan metode yang bervariasi. Hasil observasi awal yang dilakukan di MAN
2 Jember dan wawancara dengan guru Biologi kelas XI IPA menunjukkan bahwa
pembelajaran Biologi sering mengalami kendala-kendala dalam proses belajar
mengajar, yakni aktivitas dan hasil belajar siswa yang rendah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa
dengan menerapkan model pembelajaran Guided Inquiry dengan metode Pictorial
Riddle dalam pelajaran Biologi sub pokok bahasan Alat Indera pada Manusia siswa
kelas XI IPA 4 MAN 2 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian adalah
seluruh siswa kelas XI IPA 4 MAN 2 Jember.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015
pada bulan Maret-april 2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari
tiga kali pertemuan sebanyak 2 JP tiap pertemuan dan dilanjutkan tes hasil belajar
diakhir tiap siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 MAN 2 Jember
x
tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 34 siswa yang terdiri atas 8 siswa
laki-laki dan 26 siswa perempuan.
Berdasarkan hasil observasi pra siklus menunjukkan bahwa aktivitas belajar
siswa kelas XI IPA 4 MAN 2 Jember dikategorikan kurang aktif. Data pada tahap
pra siklus, tidak ada siswa yang mendapat kriteria sangat aktif. Hasil pada siklus 1,
kriteria sangat kurang aktif sudah sangat menurun menjadi 2,94% dari 26,47% saat
pra siklus. Hal ini berarti dalam pembelajaran siklus 1 terjadi peningkatan aktivitas
belajar siswa. Demikian pula pada siklus 2, kriteria sangat kurang aktif sudah
mencapai 0,00% dan kriteria terbesar adalah aktif dan cukup aktif yakni sebesar
41,2%, sedangkan sangat aktif sebesar 17,6%. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas
belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry dengan
Pictorial Riddle mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus 1, dan siklus 2.
Peningkatan aktivitas dari pra siklus ke siklus 2 sebesar 24%.
Berdasarkan data yang diperoleh pada siklus 1 menunjukkan bahwa terdapat
peningkatan hasil belajar siswa, yaitu aspek kogntif dari ketuntasan 8,82% menjadi
52,94% dengan peningkatan 44,12%. Berdasarkan analisis data hasil ulangan harian
siklus 2 yang dilakukan pada siswa kelas XI IPA 4, menunjukkan bahwa persentase
ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif adalah 85,29%. Peningkatan hasil
belajar siswa dari pra siklus ke siklus 2 sebesar 76,47%. Hasil belajar afektif siswa
juga mengalami peningkatan yakni berdasarkan analisis hasil belajar aspek afektif
menunjukkan bahwa persentase hasil belajar aspek afektif pada siklus 1 sebanyak
78,82%, dan meningkat pada siklus 2 sebanyak 83,9%. Hasil belajar psikomotorik
juga semakin meningkat, hal ini ditunjukkan dengan persentase 82,17% pada siklus 1
dan meningkat menjadi 88,11% pada siklus 2. Meningkatnya hasil belajar aspek
psikomotorik, semakin menunjukkan bahwa dalam proses belajar siswa juga
membutuhkan proses untuk dapat melakukan sesuatu yang bisa menunjang
pemahaman mereka terhadap materi yang sedang mereka pelajari. | en_US |