PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PENILAIAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 1 GAMBIRAN TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstract
Paradigma baru dalam pembelajaran dan penilaian kurikulum 2013 sejalan
dengan tujuan pembelajaran sejarah. Tujuan pembelajaran sejarah mengharapkan
peserta didik mampu mengembangkan kreativitasnya. Penilaian hasil belajar dalam
paradigma baru ditujukan untuk mengukur tingkat kemampuan kognitif, afektif dan
psikomotorik. Faktanya saat pembelajaran sejarah berlangsung pendidik kurang
memfasilitasi tumbuhnya kreativitas peserta didik sehingga peserta didik cenderung
pasif dan kurang kreatif. Produktivitas yang dimiliki peserta didik cukup rendah,
terlihat dari tugas-tugas yang diberikan oleh pendidik kurang berhasil baik.
Rendahnya kreativitas dan produktivitas peserta didik juga disebabkan teknik
penilaian yang dilakukan pendidik fokus pada aspek kognitif. Permasalahan tersebut
dapat diatasi dengan merubah metode pembelajaran dengan metode pembelajaran
berbasis proyek dan teknik penilaian produk. Metode pembelajaran berbasis proyek
dapat meningkatkan kreativitas peserta didik karena melibatkan peserta didik dalam
mengerjakan proyek untuk memecahkan masalah yang diwujudkan dalam bentuj
produk. Produk yang dihasilkan dapat dinilai dengan teknik penilaian produk.
Penilaian produk merupakan penilaian terhadap keterampilan peserta didik dalam
membuat produk dan kualitas produk
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah penerapan metode
pembelajaran berbasis proyek dengan penilaian produk dapat meningkatkan
kreativitas belajar sejarah peserta didik kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Gambiran
tahun ajaran 2014/2015; (2) apakah penerapan metode pembelajaran berbasis proyek
ix
dengan penilaian produk dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas
X MIA 4 SMA Negeri 1 Gambiran tahun ajaran 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini
adalah (1) untuk meningkatkan kreativitas belajar sejarah peserta didik kelas X MIA
4 di SMA Negeri 1 Gambiran dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis
proyek dengan penilaian produk; (2) untuk meningkatkan hasil belajar sejarah peserta
didik kelas X MIA 4 di SMA Negeri 1 Gambiran dengan menerapkan metode
pembelajaran berbasis proyek dengan penilaian produk. Hasil penelitian ini
diharapkan dapat memberikan alternatif pemecahan masalah pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian
ini adalah peserta didik kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Gambiran yang berjumlah 37.
Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Hopkins dengan 4 tahapan tiap
siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini
terdiri dari tiga siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
metode observasi, wawancara, dan studi dokumen.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dan hasil
belajar psikomotorik peserta didik. Pada siklus I kreativitas peserta didik memperoleh
persentase 59,86%, pada siklus II meningkat sebesar 9,05% dan pada siklus III
meningkat 9,60%. Hasil belajar psikomotorik peserta didik diukur dengan penilaian
produk. Pada siklus I memperoleh persentase 57,70%, pada siklus II meningkat
10,13%, pada siklus III meningkat sebesar 9,87%.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) penerapan metode pembelajaran berbasis
proyek dengan penilaian produk dapat meningkatkan kreativitas peserta didik kelas X
MIA 4 SMA Negeri 1 Gambiran tahun ajaran 2014/2015; (2) penerapan metode
pembelajaran berbasis proyek dengan penilaian produk dapat meningkatkan hasil
belajar sejarah peserta didik kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Gambiran tahun ajaran
2014/2015. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian ini, sebaiknya menggunakan
metode pembelajaran berbasis proyek dan penilaian produk sebagai salah satu metode
pembelajaran dan penilaian yang digunakan dalam pembelajaran sejarah di sekolah
untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran di sekolah.