Show simple item record

dc.contributor.authorACHMAD FAJAR
dc.date.accessioned2013-12-09T03:31:14Z
dc.date.available2013-12-09T03:31:14Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM100210274005
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6556
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Antirogo 04 kelas IV yang terdiri dari 32 siswa, laki-laki 19 siswa dan perempuan 13 siswa. penelitian ini termasuk jenis penelitian Action Research (penelitian tindakan). Desain atau rancangan penelitian berupa perbaikan proses dalam pembelajaran IPS Pada konteks ini yang harus diperhatikan adalah input, proses, dan output. Jika dalam proses pembelajaran IPS terjadi ketidak sesuaian dengan tujuan pendidikan atau kurikulum, maka proses tersebut harus segera diperbaiki guna keberhasilan penguasaan konsep. Pengambilan data dimulai dilakukan pada tanggal 08 s/d 12 Maret 2012 dan siklus II tanggal 08 s/d 12 April 2012dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Antirogo 04 kecamatan sumbersari kabupaten Jember. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran IPS dengan metode bermain peran adalah : dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada pra siklus nilai rata-rata siswa hanya 5,93 menjadi 71,5 pada akhir siklus2 dan prosentase ketuntasan belajar siswa dari 59,3% menjadi 96,8% sampai akhir siklus 2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap masalahmasalah sosial yang ada di lingkungan tempat tinggalnya dan sekitarnya.en_US
dc.relation.ispartofseriesNIM 100210274005;
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MASALAH – MASALAH SOSIAL SISWA KELAS IV SDN ANTIROGO 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record