Show simple item record

dc.contributor.advisorWidayati, Endang Sri
dc.contributor.advisorHusniah, Furoidatul
dc.contributor.authorYolanda, Yoga
dc.date.accessioned2015-12-01T08:10:11Z
dc.date.available2015-12-01T08:10:11Z
dc.date.issued2015-12-01
dc.identifier.nim110210402077
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65552
dc.description.abstractKarakter tokoh merupakan salah satu unsur pembangun karya sastra yang keberadaannya ditandai dengan sikap, cara berfikir, berperilaku, dan bertindak dari tokoh dalam karya sastra tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) beragamnya karakter tokoh yang terdapat dalam serat Bratayuda, dan (2) sangat relevannya karakter-karakter tokoh tersebut dengan tujuan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa melalui penyusunan alternatif materi pembelajaran sastra di SMA. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah karakter tokoh dalam serat Bratayuda?, dan (2) bagaimanakah pemanfaatan karakter tokoh serat Bratayuda sebagai bahan pengembangan materi pembelajaran sastra di SMA? Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dengan demikian, data dalam penelitian ini adalah: (1) kata, kalimat, dan paragraf dalam serat Bratayuda yang mengindikasikan munculnya karakter tokoh, dan (2) dokumen tertulis berupa SK-KD Kurikulum KTSP mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA yang relevan dengan pemanfaatan karakter tokoh serat Bratayuda dalam pengembangan nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa, sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah serat Bratayuda karya Karel Fredrik Winter dan SK-KD Kurikulum KTSP mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan tiga alur, yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) verifikasi. Setelah dilakukan penelitian, didapati bahwa dalam serat Bratayuda terdapat dua belas karakter tokoh, yang terdiri dari, karakter baik: (1) karakter cinta tanah air yang tampak dari sikap siap berperang untuk mempertahankan tanah air dan nasihat untuk mempertahankan tanah air, (2) karakter cinta damai yang tampak dari sikap dan x tindakan dalam mempererat tali persaudaraan, serta sikap yang menunjukkan keinginan untuk berdamai, (3) karakter jujur yang ditunjukkan oleh tindakan menolak perintah untuk melakukan kebohongan, (4) karakter kerja keras yang tampak dari tindakan pantang menyerah dan semangat dalam berjuang, (5) karakter kreatif yang tampak dari kreativitas dalam membangun siasat perang, (6) karakter tanggung jawab yang ditunjukkan oleh tindakan memprioritaskan pekerjaan, serta tanggung jawab sebagai orang tua kepada anaknya, (7) karakter religius, yakni pengakuan keberadaan Tuhan, pengakuan kekuasaan Tuhan, dan ketaatan kepada Tuhan; dan karakter buruk: (1) karakter keras kepala tampak dari tindakan tidak menerima saran dari saudara dan orang tua, (2) karakter buruk sangka ditunjukkan oleh perilaku yang mudah curiga atas perilaku orang lain, (3) karakter arogan yang tampak dari perilaku pamer kekuatan diri sendiri kepada orang lain, (4) karakter kasar ditunjukkan oleh tindakan mencerca orang lain dengan kata-kata kasar, dan (5) karakter pemarah tampak dari perbuatan mengamuk saat siasat perang ditiru oleh lawan, dan berupa tindakan marah dengan kritikan orang lain. Hasil dari analisis tentang karakter tokoh tersebut dapat dijadikan bahan penyusunan alternatif materi pembelajaran sastra kelas X semester 1 SMA dengan KD 1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dalam serat Bratayuda terdapat (1) karakter baik, yakni cinta tanah air, cinta damai, jujur, kerja keras, kreatif, tanggung jawab, religius, dan (2) karakter buruk, yakni keras kepala, buruk sangka, arogan, kasar, dan pemarah. Hasil penelitian tentang karakter tokoh tersebut dapat dimanfaatkan sebagai alternatif materi pembelajaran sastra kelas X Semester 1 SMA dengan KD 1.2. Saran yang diberikan adalah: (1) bagi guru, menjadikan hasil penelitian ini sebagai alternatif materi pembelajaran sastra, (2) bagi peneliti lain yang ingin mengadakan penelitian serupa, disarankan untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam mengenai karya sastra daerah, serat Bratayuda, maupun pengembangan nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa melalui karya sastra, dengan penelitian yang difokuskan pada bahasa yang digunakan, nilai-nilai, dan kerelevansiannya dengan pendidikan di Indonesia.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKarakter Tokohen_US
dc.titleKarakter Tokoh dalam Serat “Bratayuda” Saduran Karel Fredrik Winter dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Sastra di SMA;en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record