dc.description.abstract | Banyaknya produk alat rumah tangga yang serba elektronik dan buatan pabrik
yang sudah memiliki merk seperti Eagle, Jawa, menjadi tantangan besar bagi para
pengrajin alat rumah tangga yang ada di daerah - daerah termasuk di Desa Suci
Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Seiring dengan persaingan yang semakin ketat
maka para pengrajin mencari strategi pemasaran yang tepat untuk home industrinya.
SWOT adalah suatu bentuk analisis strategi pemasaran dalam melihat kekuatan
(Strenghts), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats)
dari lingkungan eksternal perusahaan. Pada dasarnya strategi pemasaran memberikan
arah dalam kaitannya dengan variabel-variabel segmentasi pasar, identifikasi pasar
sasaran, penetapan posisi, elemen bauran pemasaran dan biaya pemasaran. Semua
strategi pemasaran usaha dibuat berdasarkan STP. Segmentation (segmentasi),
Targeting (pembidikan), dan Positioning ( penetapan posisi ). Dengan adanya suatu
penerapan strategi yang tepat sehingga masalah tersebut bisa teratasi. Seiring hal itu,
strategi pemasaran yang di dalamnya terdiri dari elemen - elemen pemasaran yang
meliputi Product (produk), Price (Harga), Promotion (promosi), dan Place
(Distribusi).
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive yaitu di Desa
Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Subjek penelitian yaitu seluruh pengrajin
yaitu 119 orang dan dalam penelitian ini diambil informan utama 3 orang pengrajin
dengan kriteria tertentu, yaitu memiliki usaha skala besar, sedang dan kecil yang
viii
ditentukan dengan menggunakan metode purposive, sedangkan informan pendukung
penelitian adalah pelanggan dan informan tambahan yaitu staff karyawan kantor
Balai Desa Suci. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
metode wawancara, dokumen dan observasi. Analisis data dilakukan dengan tahap -
tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan
bahwa para pengrajin alat rumah tangga di Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten
Jember melakukan strategi pemasaran yang didalamnya terdapat suatu elemen bauran
pemasaran yaitu strategi produk, harga, promosi dan distribusi. Pengrajin menerapkan
strategi bauran pemasaran yaitu tetap menjaga kualitas produknya, bahan baku,
jumlah varian produk serta variasi produknya. Pengrajin juga melakukan promosi
agar produknya dikenal oleh konsumen secara luas, dengan promosi secara lansung
melalui pendekatan kedalam kelompok ibu ibu arisan, serta melakukan promosi
melalui pameran didalam daerah maupun luar daerah, mulut ke mulut, dan promosi
melalui koperasi. Pengrajin juga menawarkan harga produknya dengan sistem
pembelian produk secara eceran dan grosiran yang berbeda, dan memberikan diskon.
Bauran pemasaran akan maksimal jika pendistribusiannya berjalan lancar, pengrajin
juga menerapkan strategi pendistribusian yang berbeda untuk produknya, pengrajin
melakukan pendistribusian dengan diantar langsung pada konsumen, distribusi
melalui sales, serta melakukan pendistribusian dengan sistem paket jika ada pesanan
dari luar kota. Sebaiknya para pengrajin jangan hanya sekali melakukan strategi
pemasaran tersebut dan seharusnya melakukannya terus menerus. | en_US |