dc.description.abstract | Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang paling dekat dengan anak, kontribusi lingkungan keluarga terhadap kesuksesan pembentukan karakter anak usia dini cukup besar. Lingkungan keluarga merupakan tempat utama dan pertama serta merupakan peletak fondasi dari watak dan pendidikan selanjutnya. Pengalaman hidup bersama di dalam lingkungan keluarga akan memberi dampak yang besar dalam pembentukan karakter anak usia dini. Apakah anak akan berkarakter baik atau menjadi anak yang berkarakter tidak baik tergantung dari latar belakang pengalamannya di lingkungan keluarga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah kontribusi lingkungan keluarga terhadap karakter anak usia dini di POS PAUD Alamanda 30 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi lingkungan keluarga terhadap karakter anak usia dini di POS PAUD Alamanda 30 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Adapun manfaat penelitian ini sebagai refrensi teoritis bagi program pendidikan luar sekolah khususnya program pendidikan anak usia dini.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Tempat yang dijadikan sebagai tempat penelitian adalah POS PAUD Alamanda 30 di Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Penentuan daerah penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik penentuan responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah populasi. Populasinya adalah orang tua peserta didik yang berusia 3-4 tahun di PAUD Alamanda 30 yang berjumlah 20 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
ix
angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan korelasi tata jenjang.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa terdapat kontribusi antara lingkungan keluarga terhadap karakter anak usia dini di POS PAUD Alamanda 30 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun 2014/2015. Hasil yang di dapat dalam penelitian ini diperoleh r hitung sebesar 0,731 nilai tersebut lebih besar dari r tabel yakni sebesar 0,450 untuk N=20 dengan taraf kepercayaan 95% sebesar 0,893. Oleh karena itu hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah signifikan, dalam artian hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan hipotesis kerja (Ha) diterima. Sedangkan hasil kontribusi tertinggi yang diperoleh dalam penelitian ini padapola asuh anak terhadap tanggung jawab yaitu sebesar 0,691, pada indikator pola asuh anak terhadap toleransi sebesar 0,641, pada indikator teladan orang tua terhadap toleransi sebesar 0,606, pada indikator pola interaksi antar anggota keluarga terhadap tanggung jawab sebesar 0,588, pada indikator pola interaksi antar anggota keluarga terhadap toleransi sebesar 0,535, pada indikator teladan orang tua terhadap jujur sebesar 0,482, pada indikator teladan orang tua terhadap tanggung jawab sebesar 0,461, pada indikator pola interaksi antar anggota keluarga terhadap jujur sebesar 0,440, dan sedangkan pada indikator pola asuh anak terhadap jujur sebesar 0,422.
Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi lingkungan keluarga terhadap karakter anak usia dini di POS PAUD Alamanda 30 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti untuk orang tua diharapkan untuk dapat berperan aktif dalam pembentukan nilai-nilai karakter yang baik bagi peserta didik serta memberikan teladan yang baik untuk peserta didik, karena orang tua adalah orang yang pertama berperan dalam membentuk kepribadian anak. Agar nantinya anak tersebut memiliki nilai-nilai karakter yang baik yang akan melekat hingga si anak dewasa kelak. Serta saran peneliti untuk pendidik POS PAUD Alamanda 30 hendaknya lebih memperhatikan karakter yang di miliki oleh setiap peserta didik agar nilai-nilai karakter kurang baik yang dimiliki peserta didik dapat diminimalkan. | en_US |