Show simple item record

dc.contributor.advisorHendrawijaya, A.T.
dc.contributor.advisorImsiyah, Niswatul
dc.contributor.authorAndika. P;, Vicky
dc.date.accessioned2015-12-01T02:59:00Z
dc.date.available2015-12-01T02:59:00Z
dc.date.issued2015-12-01
dc.identifier.nim110210201028
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65298
dc.description.abstractProgram Keaksaraan Usaha Mandiri merupakan upaya pencegahan buta aksara kembali, karena kelompok yang telah melek aksara perlu diintensifkan, agar tidak buta aksara kembali. Materi berfokus pada pengembangan pengetahuan, keterampilan fungsional, dan kemampuan mengelola potensi untuk meningkatkan kualitas hidup. Pemberdayaan masyarakat dilaksanakan melalui berbagai jenis sesuai dengan sasaran yang akan dicapai termasuk program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Program Keaksaraan Usaha Madiri (Upaya Peningkatan Keberdayaan Warga Belajar Keaksaraan Raflesia Di Desa Gaplek Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang)?, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Implementasi program Keaksaraan Usaha Mandiri terhadap peningkatan keberdayaan warga belajar keaksaraan rafleisia. Hasil penelitian ini akan bermanfaat sebagai bahan referensi yang dapat mendukung pengembangan Program Pendidikan Keaksaraan Usaha Mandiri dan menambah ilmu pengetahuan tentang karya tulis ilmiah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanasi dengan metode kualitatif, Tempat yang digunakan sebagai penelitian adalah Program Keaksaraan Usaha mandiri yang diselengarakan di Desa Gaplek, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang dengan berdasarkan metode purposive area. Sumber data yang di dapat dari informan kunci dan informan pendukung. ix Teknik pengumpulan data mengunakan cara Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Agar kepercayaan terhadap data menjadi tinggi digunakan beberapa teknik pengolahan data, yakni perpanjangan penelitian, peningkatan ketekunan, dan triangulasi, analisa data dilakukan dengan mengunakan analisis model Miles dan Haberman yakni reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkaan bahwa implementasi program keaksaraan usaha mandiri ini ditunjang oleh adanya kelembagan, tutor, dan dana, untuk memberdayakan warga belajar melalui peningkatan keterampilan, perbaikan taraf hidup sehingga warga belajar mampu mengatasi masalah dalam hidupnya. Dapat disimpulkan bahwa penelitian tentang Implementasi Program Keakaraan Usaha ini ditemukan 19 Program Kekasaraan Usaha Mandiri yang dapat digali di Desa Gaplek Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, namun dari beberapa Program tersebut tidak semua digunakan untuk proses pemberdayaan warga belajar, Program Keaksaraan Usaha Mandiri ini bisa di Implementasi kepada warga belajar, melalui ketrampilanketrampilan seperti membaca, menulis dan berhitung, selain itu ada ketarampilan dengan yang berhubungan dengan potensi warga belajar antara lain seperti membuat bros, jepit rambut, tempat tisu dan juga berbagai macam kue, yang diharakan dari implementasi tersebut dapat menghasilkan peningkatan keterampilan, perbaikan taraf hidup dan mampu mengatasi masalah maka dari itu warga belajar mampu berdaya, dan hidup sejaterah. Tujuan dari implementasi program keaksaraan usaha mandiri ini adalah peningkatan keberdayakan warga belajar melalui program KUM, Berdasarkan penelitian ini, saran yang dapat diberikan peneliti bagi penyelengara Program Keaksaraan Usaha Mandiri diharapkan mampu menjalankan perinsip keberdayaan, agar mampu meraih tujuan dari program keaksaraan usaha mandiri dan maampu meningkatkan kualitas penyelengara program.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectUsaha Mandirien_US
dc.titleImplementasi Program Keakaraan Usaha Mandiri (Upaya Peningkatan Keberdayaan Warga Belajar Keaksaraan Raflesia Di Desa Gaplek Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record