Pengaruh Atribut Produk dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Pewangi Stella di Wilayah Sumbersari Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Atribut Produk dan Inovasi Produk
Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Pewangi Stella di Wilayah
Perkotaan Kabupaten Jember”. Penelitian ini adalah bertujuan menganalisis dan
memprediksikan persepsi pelanggan mengenai atribut produk dan inovasi produk
dalam menentukan adanya keputusan pembelian ulang produk pewangi STELLA
di Kabupaten Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah pengambilan
keputusan pembelian dan sekaligus sebagai konsumen produk pewangi Stella di
Jember. Metode sampling didalam penelitian ini menggunakan kategori
nonprobality sampling, dengan metode pengambilan sampling dalam penelitian
ini adalah teknik puposive sampling, sampling didalam penelitian ini adalah
sebanyak 70 orang responden. Teknik pengumpulan data didalam penelitian ini
menggunakan kuisiuner, untuk memperoleh data atau jawaban mengenai
keputusan membeli ulang terkait atribut dan inovasi pada produk pewangi
ruangan Stella di Jember. Dalam penelitian variabel terikatnya adalah keputusan
pembelian ulang (Y)dan variabel bebasnya adalah atribut produk (X1) dan inovasi
produk (X2). Skala pengukuran data dalam penelitian ini menggunakan skala
likert. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik yang merupakan
suatu metode stattistika yang mendeskripsikan hubungan antara peubah responde
yang memiliki dua kategori atau lebih dengan satu atau lebih peubah penjelas
berskala kategori atau interval, dengan peubah kategorik yaitu peubah yang
berupa data nominal dan ordinal. Model regresi logistik adalah model regresi yang
peubah terikat atau respondnya mensyaratkan berupa peubah katagorik.
Persamaan regresi yang dapat dibentuk adalah Ŷt = -38,730 + 6,718X1 +
8,623X2. Hasil uji Wald Test HomsterdanLameshow, variabel atribut produk (X1)
memiliki odds ratio sebesar 6,718 dan signifikasi 0,004 < 0,05, yang berarti
secara parsial variabel atribut produk dapat memprediksikanadanyakeputusan
pembelian ulang yang akan mengindikasikan pembelian produk pewangi Stella,
Variabel inovasi produk (X2) memiliki odds ratio sebesar 8,623 dan signifikasi
0,000 < 0,05, yang berarti secara parsial variabel inovasi produk dapat
memprediksiadanyakeputusan pembelian ulang yang akan mengindikasikan
pembelian produk pewangi Stella. Nilai Omnimbus Statistic didalam model
regresi diketahui sebesar 38,902 > 5,991 dengan tingkat signifikansi sama dengan
nol, yang berarti secara serentak variabel atribut produk dan inovasi produk dapat
x
memprediksikeadaankeputusan pembelian ulang yang mengindikasikan
pembelian produk pewangi Stella di Kabupaten Jember.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Atribut produk dapat
memprediksi keputusan pembelian ulang produk pewangi Stella di
KabupatenJember. Jadi semakin baik atribut produk yang menjadi keunggulan
produk, maka peluang pembelian untuk mengulang pembelian menjadi lebih
besar, dan; 2) Inovasi produk dapat memprediksi keputusan pembelian ulang
produk pewangi Stella di KabupatenJember. Jadi semakin baik inovasi produk
yang diciptakan, maka peluang pembelian untuk mengulang pembelian menjadi
lebih besar.