Show simple item record

dc.contributor.advisorWuryaningrum, Rusdhianti
dc.contributor.advisorHusniah, Furoidatul
dc.contributor.authorTaufani, Ade Yuanita
dc.date.accessioned2015-12-01T01:23:12Z
dc.date.available2015-12-01T01:23:12Z
dc.date.issued2015-12-01
dc.identifier.nim090210402044
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65225
dc.description.abstractKompetensi dasar menulis teks negosiasi yang harus dicapai siswa adalah memahami struktur dan kaidah teks negosiasi, khususnya dalam penulisan kalimat efektif dan persuasif. Namun, kenyataannya siswa belum mencapai standar ketuntasan sekolah karena penulisan kalimat efektif dan persuasif dalam teks negosiasi masih kurang. Hal tersebut disebabkan oleh guru yang belum melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Metode pembelajaran bermain peran (role playing) dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SOS 1 SMA Negeri 4 Jember. Metode bermain peran (role playing) merupakan metode pembelajaran yang dapat menggali kemampuan siswa sehingga siswa mudah memahami struktur dan kaidah teks negosiasi. Melalui metode bermain peran (role playing) diharapkan keterampilan menulis teks negosiasi siswa dapat meningkat. Berdasarkan pernyataan di atas, pemasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (a) bagaimanakah penerapan metode pembelajaran bermain peran (role playing) untuk meningkatkan hasil belajar menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 4 Jember?; dan (b) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas X dalam menulis teks negosiasi setelah diterapkannya metode pembelajaran bermain peran (role playing)?. Sesuai dengan permasalahan yang ada, tujuan yang ingin dicapai yaitu: (a) penerapan metode pembelajaraan bermain peran (role playing) untuk meningkatkan hasil belajar teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 4 Jember, viii (b) peningkatan hasil belajar siswa kelas X dalam menulis teks negosiasi setelah di terapkannya metode pembelajaraan bermain peran (role playing). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ( PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas X SOS 1 SMA Negeri 4 Jember. Metode Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan yang mencakup proses dan dampak yang terjadi dari suatu siklus secara keseluruhan, selanjutnya dilakukan refleksi untuk mengkaji apa yang telah dihasilkan atau yang belum berhasil dituntaskan dengan tindakan yang telah dilakukan. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sumber data yang diambil adalah akivitas dan hasil belajar siswa SMA Negeri 4 Jember kelas X SOS 1 sebanyak 36 siswa. Berdasarkan hasil observasi prasiklus ditemukan bahwa pembelajaran menulis teks negosiasi pada siswa kekas X SOS 1 belum mencapai ketuntasan. Pada tahap prasiklus isi teks yang dibuat siswa sudah sesuai dengan topik dan dikembangkan berdasarkan struktur, struktur teks sudah runtut, namun kalimat yang digunakan tidak bervariasi serta masih banyak kesalahan tata bahasa, tidak efektif dan persuasif. Pada siklus I observasi kegiatan pembelajaran berlangsung kondusif karena siswa tertarik dengan metode pembelajaran bermain peran (role playing) tetapi hasil belajar siswa belum maksimal. Hal tersebut dapat dilihat dari kalimat yang digunakan siswa masih kurang efektif dan persuasif. Pada siklus II pembelajaran berlangsung lancar karena guru sudah maksimal dalam menggunakan metode pembelajaran bermain peran sehingga hasil belajar siswa sudah maksimal. Kalimat yang digunakan siswa dalam menulis teks negosiasi sudah bervariasi, efektif dan persuasif. Simpulan penelitian ini adalah (1) penerapan metode pembelajaran bermain peran (role playing) untuk meningkatkan pembelajaran menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SOS 1 mencakup dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectBermain Peranen_US
dc.titlePENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN ( ROLE PLAYING ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record