• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG PADA SISWA KELAS II MI SIROJUL HUDA REJOSO PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Sinta Wahyuning Tias - 110210204048_may.pdf (2.843Mb)
    Date
    2015-12-01
    Author
    Tias, Sinta Wahyuning
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menyimak merupakan keterampilan dasar dalam proses belajar bahasa. Menyimak adalah mendengarkan dengan sengaja dan penuh perhatian dengan tujuan untuk dapat memahami apa yang disampaikan. Kemampuan menyimak yang baik penting dimiliki siswa karena mempengaruhi kemampuan siswa dalam berkomunikasi yang merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran Bahasa Indonesia. Kemampuan menyimak yang baik juga akan menjadikan siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan guru. Oleh karena itu keterampilan menyimak siswa perlu senantiasa dilatih. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan diketahui bahwa proses pembelajaran menyimak dongeng belum berlangsung dengan baik dan banyak siswa yang kemampuan menyimaknya masih belum baik. Dokumentasi nilai siswa menunjukkan bahwa 17 (65%) dari 26 siswa kemampuan menyimaknya masih belum baik. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongeng siswa kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan adalah dengan menggunakan video sebagai media pembelajaran. Pemilihan video sebagai media didasarkan pada hasil wawancara bahwa siswa kelas II MI Sirojul Huda umumnya suka menonton tayangan televisi. Berdasarkan temuan tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimanakah proses penggunaan media video yang dapat meningkatkan kemampuan menyimak dongeng pada siswa kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan tahun pelajaran 2014/2015?; dan (2) bagaimanakah peningkatan xi kemampuan menyimak dongeng pada siswa kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan tahun pelajaran 2014/2015 setelah digunakan media video?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan proses penggunaan media video yang dapat meningkatkan kemampuan menyimak dongeng pada siswa kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan tahun pelajaran 2014/2015; dan (2) Untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongeng pada siswa kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan tahun pelajaran 2014/2015 setelah digunakan media video. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas II di MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Proses penggunaan media video yang dapat meningkatkan kemampuan menyimak dongeng adalah yang dibarengi dengan kecakapan guru dalam mengajar dan menggunakan video. Guru harus memahamkan siswa tujuan digunakannya video dalam pembelajaran.Video dapat meningkatkan kemampuan menyimak karena dengan video siswa lebih bisa serius menyimak pelajaran (dongeng). Peningkatan kemampuan menyimak dongeng siswa untuk kualifikasi sangat baik dari 4 siswa (15,4%) meningkat menjadi 8 siswa (29,6%). Kualifikasi baik meningkat dari 2 siswa (7,7%) menjadi 6 siswa (22,2%). Kualifikasi cukup baik meningkat dari 1 siswa (3,8%) menjadi 5 siswa (18,5%). Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa penggunaan video sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menyimak dongeng siswa kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan tahun pelajaran 2014/2015. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah dalam memanfaatkan video sebagai media penunjang dalam kegiatan pembelajaran menyimak maupun pembelajaran yang lain guru hendaknya dapat menyertainya dengan kecakapan dalam mengajar dan memanfaatkan media pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65216
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository