dc.description.abstract | Pelayanan public yang berkualitas adalah sesuatu yang diinginkan oleh pihak
penerima pelayanan ataupun oleh penyelenggara pelayanan public kitu sendiri. Jika
pelayanan berkualitas maka akan membuat masyarakat puas, sehingga menimbulkan
kepercayaan, dukungan dan ketaatan kepada pemerintah.
Persoalan kualitas pelayanan rujukan pasien pada Puskesmas Rowotengah
Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember berada pada masalah ketepatan waktu
pelayanan yang mengarah pada kurangnya daya tanggap petugas terhadap
masyarakat, persoalan ketetapan waktu pelayanan serta mempersulit masyarakat
dalam pembuatan surat rujukan membuat masyarakat kurang puas atas pelayanan
yang diberikan oleh Puskesmas Rowotengah Kecamatan Sumberbaru kabupaten
Jember.
Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Kualitas
Pelayanan Rujukan Pasien pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)
Rowotengah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember?” dan penelitian ini
memiliki tiga tujuan yaitu yang pertama untuk mendeskripsikan harapan pelanggan
pelayanan rujukan pasien pada Puskesmas Rowotengah Kecamatan Sumberbaru
kabupaten Jember, kedua untuk mendeskripsikan persepsi pelanggan pelayanan
rujukan pasien pada Puskesmas Rowotengah Kecamatan Sumberbaru kabupaten
Jember, dan ketiga yaitu untuk mengetahui kualitas pelayanan rujukan pasien pada Puskesmas Rowotengah Kecamatan Sumberbaru kabupaten Jember dengan model
SERVQUAL.
Penelitian ini bertipe deskriptif dengan data kuantitatif dan responden
penelitian ini berjumlah 41 orang dengan menggunakan teknik sampling aksindental.
Kualitas pelayanan rujukan pasien pada Puskesmas Rowotengah Kecamatan
Sumberbaru kabupaten Jember menggunakan model SERVQUAL melalui
perhitungan kesenjangan antara harapan dan persepsi pelanggan akan lima dimesi
kualitas pelayanan yaitu (tangibles), dan keandalan (reliability), daya tanggap
(responsiveness), jamina (assurance), empaty (empaty).
Berdasarkan hasil perhitungan rumus SERVQUAL yang menghasilkan nilai
sebesar-14,54 dengan skor rata-rata harapan sebesar 82,65 dan skor rata-rata persepsi
68,08. Nilai SERVQUAL tersebut berarti negative yang dapat diartikan bahwa
kenyataan pelayanan yang dirasakan oleh pelanggan lebih rendah daripada harapan
pelanggan dalam menerima pelayanan rujukan pasien. Dapat dikatakan bahwa
kualitas pelayanan rujukan pasien Puskesmas Rowotengah Kecamatan Sumberbaru
Kabupaten Jember tidak baik atau buruk yang menimbulkan ketidakpuasan
pelanggan. | en_US |