Show simple item record

dc.contributor.advisorSunardi
dc.contributor.advisorSusanto
dc.contributor.authorRositasari, Maya Mei
dc.date.accessioned2015-11-30T08:40:36Z
dc.date.available2015-11-30T08:40:36Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210204051
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65147
dc.description.abstractPenyajian rumus matematika dalam buku siswa Kurikulum 2013 langsung menampilkan rumus akhir tanpa adanya penjelasan alur penemuan rumus tersebut. Diperlukan perangkat pembelajaran yang kontekstual dan mencerminkan kegiatan siswa untuk menguatkan, memperluas, dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan akademiknya agar dapat memecahkan masalah-masalah dunia nyata. Tujuan penelitian ini: 1) Menelaah proses pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan CTL dengan implementasi teori belajar Gagne pokok bahasan Kecepatan, Jarak, dan Waktu untuk Siswa Kelas V SD; 2) Menelaah hasil pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan CTL dengan implementasi teori belajar Gagne pokok bahasan Kecepatan, Jarak, dan Waktu untuk Siswa Kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang diawali dengan menetapkan kebutuhan pembelajaran pada tahap pendefinisian. Pada tahap perancangan dihasilkan kisi-kisi perangkat, kisi-kisi THB, dan draft I perangkat pembelajaran. Pada tahap pengembangan dilakukan penilaian para ahli terhadap draft I, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok besar. Uji coba kelompok besar dilakukan di SD Muhammadiyah I Jember pada siswa kelas V-A dengan jumlah siswa 43 orang. Tahap penyebaran dilakukan dengan cara memberikan sampel perangkat ke perpustakaan SD Muhammadiyah I Jember serta mengunggahnya ke internet. ix Hasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran meliputi RPP, buku siswa, LKS, dan THB dengan kualitas baik, karena memenuhi tiga kriteria yaitu: a) valid, dengan koefisien validitas RPP, buku siswa, LKS, dan THB berturut-turut 4,54; 4,33; 4,89; dan 4,52 sehingga keempat perangkat dikatakan baik; b) praktis, ditunjukkan oleh: 1) persentase aktivitas guru model menunjukkan kategori baik, pada pertemuan I persentase aktivitas guru berdasarkan pendekatan CTL sebesar 81,43% dan persentase berdasarkan implementasi teori belajar Gagne sebesar 82,50%, sedangkan pada pertemuan II persentase aktivitas guru berdasarkan pendekatan CTL sebesar 92,86% dan persentase berdasarkan implementasi teori belajar Gagne sebesar 92,50%; 2) persentase aktivitas siswa berkategori baik, pada pertemuan I persentase aktivitas siswa berdasarkan pendekatan CTL sebesar 81,17% dan persentase berdasarkan implementasi teori belajar Gagne sebesar 81,61%, sedangkan pada pertemuan II persentase aktivitas siswa berdasarkan pendekatan CTL sebesar 83,25% dan persentase berdasarkan implementasi teori belajar Gagne sebesar 83,27%; 3) respons siswa terhadap pembelajaran baik, rata-rata 96% subjek yang diteliti memberikan respons positif; Aktivitas guru yang dikategorikan baik menunjukkan bahwa RPP dinilai praktis. Aktivitas siswa yang dikategorikan baik dan respons positif siswa yang sangat tinggi menunjukkan bahwa buku siswa dan LKS dinilai praktis. c) efektivitas pembelajaran baik, ditunjukkan oleh: 1) persentase siswa yang mengikuti THB dan tuntas dengan nilai  60 adalah sebesar 81,40%, yang berarti penguasaan terhadap materi pokok bahasan kecepatan, jarak, dan waktu adalah tinggi; dan 2) THB layak digunakan, ditunjukkan dari koefisien korelasi validitas tiap butir soal berturut-turut 0,71; 0,89; 0,80; 0,81; 0,90; dan 0,87; serta derajat reliabilitasnya 0,8952; interpretasi keduanya sangat tinggi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectContextual Teaching and Learning (CTL)en_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Implementasi Teori Belajar Gagne Pokok Bahasan Kecepatan, Jarak, dan Waktu untuk Siswa Kelas V SDen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record