Show simple item record

dc.contributor.advisorSatrijono, Hari
dc.contributor.advisorSihono
dc.contributor.authorUtari, Nanis Dwi
dc.date.accessioned2015-11-30T08:33:37Z
dc.date.available2015-11-30T08:33:37Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210204059
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65143
dc.description.abstractPembelajaran bahasa Indonesia pada hakikatnya merupakan salah satu sarana mengupayakan pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia secara terarah. Melalui proses pembelajaran bahasa Indonesia diharapkan siswa mempunyai kemampuan yang memadai untuk dapat menggunakan bahasa yang baik dan benar. Membaca semakin penting dalam kehidupan masyarakat yang semakin kompleks. Setiap aspek kehidupan melibatkan kegiatan membaca. Keberhasilan pembelajaran membaca di Sekolah Dasar ditentukan oleh strategi yang digunakan. Dari hasil observasi hari Rabu, 29 Oktober 2014 pada siswa kelas IV SDN Brayublandong Kabupaten Mojokerto tema 3 sub tema 3 pembelajaran ke-3 diperoleh data 65,85% dari jumlah 41 siswa kelas IV belum mencapai nilai KKM dalam kemampuan membaca. Hal ini disebabkan pengajaran membaca terutama membaca pemahaman cenderung monoton dan membosankan. Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Apakah penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman cerita anak siswa kelas IV SDN Brayublandong Kabupaten Mojokerto? 2). Berapakah persentase pengaruh penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman cerita anak siswa kelas IV SDN Brayublandong Kabupaten Mojokerto? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan mengetahui berapa persentase pengaruh penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman cerita anak siswa kelas IV SDN Brayublandong Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini dilakukan di SDN Brayublandong mulai 13 April sampai 18 April 2015. Jenis penelitian menggunakan pola pre-test post-test control group ix design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN Brayublandong. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan tingkat kemampuan awal yang dimiliki. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga 𝑡0 = 0,433, kemudian harga 𝑡0 tersebut dikonsultasikan dengan harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan 𝑑𝑏 = 41 pada taraf signifikansi 5%. Nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan 𝑑𝑏 = 41 memiliki harga 2,01995. Hasil tersebut membuktikan bahwa 𝑡0 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yang berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya dilakukan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang merupakan data utama dalam penelitian ini. Skor tes siswa berupa nilai hasil pretest dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 11,295, harga ini kemudian dikonsultasikan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan db = 41 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,01995. Diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (11,295>2,01995), dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman cerita anak siswa kelas IV SDN Brayublandong Kabupaten Mojokerto diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman cerita anak siswa kelas IV tema cita-citaku di SDN Brayublandong Kabupaten Mojokerto. Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu strategi pembelajaran yang tepat pada kurikulum 2013 dan dapat digunakan oleh guruguru sebagai strategi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi pendidikan dan materi pelajaran guna meningkatkan mutu para pendidik dan peserta didik, serta dapat memberikan wawasan, masukan dan bahan pertimbangan dalam penelitian selanjutnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectDirected Reading Thinking Activityen_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK SISWA KELAS IV SDN BRAYUBLANDONG KABUPATEN MOJOKERTOen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record