dc.description.abstract | Kemampuan menyimak merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasi
oleh siswa karena dengan menyimak siswa dapat mencari dan mengambil informasi
dengan baik dan benar. Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Jember Lor 02
tahun pelajaran 2014/2015 diketahui hasil belajar kemampuan menyimak siswa
masih rendah. Siswa masih banyak yang tidak fokus dan banyak yang bermain
sendiri ketika melakukan kegiatan menyimak. Salah satu solusi yang dapat mengatasi
permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media audio visual dalam
pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kemampuan menyimak
siswa dirasa cocok, karena dengan menggunakan media tersebut siswa dapat
melakukan kegiatan menyimak dengan baik, fokus dan menyenangkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah meningkatkan
aktivitas belajar siswa dalam kemampuan menyimak cerita yang menggunakan media
audio visual pada siswa kelas V SDN Jember Lor 02, dan 2) bagaimanakah
meningkatkan hasil belajar siswa dalam kemampuan menyimak cerita dengan
menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SDN Jember Lor 02. Tujuan
penelitian ini yaitu: 1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam kemampuan
menyimak cerita yang menggunakan media audio visual pada siswa kelas V di SDN
Jember Lor 02 Jember, dan 2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam
kemampuan menyimak cerita yang menggunakan media audio visual pada siswa
kelas V SDN Jember Lor 02.
Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jember Lor 02 sebanyak 40 siswa yang
xii
terdiri atas 25 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data diperoleh dari siswa dan
guru kelas V SDN Jember Lor 02. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah
analis data kualitatif dan kuantitatif.
Penggunaan media audi visual dapat meningkatkan aktivitas belajar
kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Jember Lor 02. Hal itu terjadi karena
pada saat proses pembelajaran guru memberikan motivasi agar siswa termotivasi
untuk mengikuti pembelajaran, guru mengkaitkan pengalaman siswa dengan materi
yang akan diajarakan sehingga siswa bersemangat dalam mengikuti pembelajaran,
dan media yang digunakan yaitu media audio visual, dengan media tersebut siswa
merasa senang dan tidak merasa bosankan mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Melalui cara tersebut keaktifan, ketelitian dan kedisiplinan siswa meningkat.
Hasil belajar kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Jember Lor 02
meningkat. Hal ini dapat diketahui dari hasil belajar kemampuan menyimak siswa
pada tahap prasiklus yaitu sebanyak prasiklus sebanyak 3 siswa (7,5%) tergolong
sangat baik, 17 siswa (42,5%) tergolong baik, 14 siswa (35%) tergolong cukup dan 6
siswa (15%) tergolong kurang. Pada siklus I, Sebanyak 10 siswa yang mendapat
kategori sangat baik (10%) dan 18 siswa mendapat kategori baik (45%). Sedangkan
yang masuk dalam kategori cukup baik sebanyak 4 siswa (10%), siswa yang masuk
kategori kurang baik sebanyak 6 siswa (15%), dan siswa yang sangat kurang baik
sebanyak 2 siswa (5%). Selanjutnya, pada siklus II, 25 siswa (62,5%) tergolong
sangat baik, 10 siswa (25%) tergolong baik, 4 siswa (10%) tergolong cukup, dan
hanya 1 siswa (2,5%) tergolong kurang.
Saran bagi guru, perlu adanya variasi media pembelajaran seperti penggunaan
media audio visual agar dapat membangkitkan konsentrasi dan motivasi belajar siswa
sehingga kemampuan menyimak siswa dapat meningkat. | en_US |