Show simple item record

dc.contributor.advisorSatrijono, Hari
dc.contributor.advisorSihono
dc.contributor.authorKholil, Muh Nur
dc.date.accessioned2015-11-30T08:14:37Z
dc.date.available2015-11-30T08:14:37Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210204081
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65141
dc.description.abstractKemampuan menyimak merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasi oleh siswa karena dengan menyimak siswa dapat mencari dan mengambil informasi dengan baik dan benar. Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2014/2015 diketahui hasil belajar kemampuan menyimak siswa masih rendah. Siswa masih banyak yang tidak fokus dan banyak yang bermain sendiri ketika melakukan kegiatan menyimak. Salah satu solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media audio visual dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kemampuan menyimak siswa dirasa cocok, karena dengan menggunakan media tersebut siswa dapat melakukan kegiatan menyimak dengan baik, fokus dan menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam kemampuan menyimak cerita yang menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SDN Jember Lor 02, dan 2) bagaimanakah meningkatkan hasil belajar siswa dalam kemampuan menyimak cerita dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SDN Jember Lor 02. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam kemampuan menyimak cerita yang menggunakan media audio visual pada siswa kelas V di SDN Jember Lor 02 Jember, dan 2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam kemampuan menyimak cerita yang menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SDN Jember Lor 02. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jember Lor 02 sebanyak 40 siswa yang xii terdiri atas 25 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data diperoleh dari siswa dan guru kelas V SDN Jember Lor 02. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analis data kualitatif dan kuantitatif. Penggunaan media audi visual dapat meningkatkan aktivitas belajar kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Jember Lor 02. Hal itu terjadi karena pada saat proses pembelajaran guru memberikan motivasi agar siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran, guru mengkaitkan pengalaman siswa dengan materi yang akan diajarakan sehingga siswa bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, dan media yang digunakan yaitu media audio visual, dengan media tersebut siswa merasa senang dan tidak merasa bosankan mengikuti kegiatan belajar mengajar. Melalui cara tersebut keaktifan, ketelitian dan kedisiplinan siswa meningkat. Hasil belajar kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Jember Lor 02 meningkat. Hal ini dapat diketahui dari hasil belajar kemampuan menyimak siswa pada tahap prasiklus yaitu sebanyak prasiklus sebanyak 3 siswa (7,5%) tergolong sangat baik, 17 siswa (42,5%) tergolong baik, 14 siswa (35%) tergolong cukup dan 6 siswa (15%) tergolong kurang. Pada siklus I, Sebanyak 10 siswa yang mendapat kategori sangat baik (10%) dan 18 siswa mendapat kategori baik (45%). Sedangkan yang masuk dalam kategori cukup baik sebanyak 4 siswa (10%), siswa yang masuk kategori kurang baik sebanyak 6 siswa (15%), dan siswa yang sangat kurang baik sebanyak 2 siswa (5%). Selanjutnya, pada siklus II, 25 siswa (62,5%) tergolong sangat baik, 10 siswa (25%) tergolong baik, 4 siswa (10%) tergolong cukup, dan hanya 1 siswa (2,5%) tergolong kurang. Saran bagi guru, perlu adanya variasi media pembelajaran seperti penggunaan media audio visual agar dapat membangkitkan konsentrasi dan motivasi belajar siswa sehingga kemampuan menyimak siswa dapat meningkat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMenyimaken_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN JEMBER LOR 02 TAHUN PELAJARAN 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record