Show simple item record

dc.contributor.advisorSatrijono, Hari
dc.contributor.advisorSuhartiningsih
dc.contributor.authorDiana, Ella Ni’ma
dc.date.accessioned2015-11-30T07:10:48Z
dc.date.available2015-11-30T07:10:48Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210204072
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65110
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di kelas IVB SDN Sumbersari 01 Jember, hasil belajar menulis karangan siswa masih rendah. Hal ini ditandai dengan rendahnya kemampuan siswa dalam menemukan ide yang akan ditulis, rendahnya kemampuan siswa dalam memadukan hubungan antar kalimat, rendahnya kemampuan siswa dalam penggunaan ejaan dan tanda baca yang benar. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa kelas IVB SDN Sumbersari 01 Jember adalah dengan menerapkan pembelajaran kontekstual berbantuan media poster. Pemilihan pembelajaran kontekstual dikarenakan pembelajaran tersebut mengaitkan materi ajar dengan kehidupan nyata siswa. Penggunaan media poster digunakan untuk mempermudah siswa dalam memunculkan ide karangan. Berdasarkan temuan tersebut, maka disusunlah rumusan masalah dari penelitian ini, yaitu; (1) bagaimanakah proses penerapan pembelajaran kontekstual berbantuan media poster untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IVB SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015?; dan (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IVB SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015 dengan menerapkan pembelajaran kontekstual berbantuan media poster?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan proses penerapan pembelajaran kontekstual berbantuan media poster untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IVB SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran xii 2014/2015; dan (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Sumbersari 01 Jember dalam menulis karangan deskripsi melalui penerapan pembelajaran kontekstual berbantuan media poster. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa sebanyak 43 anak. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Penerapan pembelajaran kontekstual berbantuan media poster untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IVB SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015 dilakukan dengan menerapkan konsep pembelajaran kontekstual yakni konstruktivisme (constructivism), menemukan (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modelling), refleksi (reflection), dan penilaian yang sebenarnya (authentic assesment). Media poster digunakan saat tahap pemodelan untuk mempermudah siswa mengembangkan ide pemikiran dalam membuat karangan deskripsi. Hasil belajar yang dinilai meliputi beberapa kriteria yakni kesesuaian isi paragraf dengan topik, kesesuaian isi paragraf dengan kerangka karangan, penggunaan kalimat yang koherensi (padu), pilihan kata, ejaan dan tanda baca. Hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa setelah diterapkan pembelajaran kontekstual berbantuan media poster mengalami peningkatan. Pada prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 48,17%. Pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,18%. Peningkatan sebesar 67,35% terjadi dari tahap prasiklus ke siklus II. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa kelas IVB pada prasiklus adalah 63,9. Pada siklus I rata-rata tersebut meningkat menjadi 72,1. Rata-rata hasil belajar siswa kembali meningkat pada siklus II menjadi 76,8. Berdasarkan hasil perbandingan tersebut membuktikan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual berbantuan media poster dapat meningkatkan hasil xiii belajar menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IVB SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah guru-guru hendaknya menerapkan pembelajaran kontekstual berbantuan media poster pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, maupun pada mata pelajaran lain.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPembelajaran Kontekstualen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IVB SDN SUMBERSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record