dc.description.abstract | Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk
berkomunikasi secara tidak langsung. Menulis adalah suatu kegiatan yang aktif dan
produktif serta memerlukan cara berpikir yang teratur yang diungkapkan dalam
bahasa tulis. Salah satu jenis keterampilan menulis yang diajarkan pada siswa SD
yaitu menulis puisi.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan pada siswa kelas III A SDN
Patrang 01 Jember dapat diuraikan bahwa hasil belajar keterampilan menulis puisi
pada siswa masih tergolong kurang. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan data
dokumentasi hasil ulangan harian siswa dengan jumlah siswa yang mampu mencapai
nilai KKM hanya 27,8%. Pada saat menulis puisi, siswa merasa kesulitan dalam
menuangkan ide yang dimiliki. Minimnya pengembangan kosa kata yang dimiliki
oleh siswa menyebabkan pemilihan kata yang digunakan siswa dalam menulis puisi
terkadang tidak tepat. Berdasarkan temuan-temuan masalah di atas, diperlukan suatu
cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan suatu media
pembelajaran yang sesuai dengan materi dan juga sesuai dengan tingkat
perkembangan psikologi siswa agar pembelajaran menjadi lebih optimal. Media
pembelajaran yang relevan dan sesuai untuk mengatasi masalah tersebut adalah
media gambar. Melalui media gambar dapat merangsang siswa untuk menuangkan
idenya sesuai dengan isi gambar ke dalam sebuah puisi.
Berdasarkan temuan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah: (1) Bagaimanakah penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas III A SDN Patrang 01 Jember dalam keterampilan menulis puisi; dan (1)
ix
Bagaimanakah peningkatan hasil belajar menulis puisi siswa kelas III A di SDN
Patrang 01 Jember setelah diterapkan penggunaan media gambar. Tujuan penelitian
ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan media gambar yang dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas III A SDN Patrang 01 Jember dalam
keterampilan menulis puisi (2) Untuk meningkatkan hasil belajar menulis puisi siswa
kelas III A di SDN Patrang 01 Jember setelah diterapkannya penggunaan media
gambar.
Penerapan media gambar dalam pembelajaran menulis puisi dapat dilakukan
dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) mula-mula guru menunjukkan media
gambar kepada siswa; (2) siswa diinstruksikan untuk memperhatikan dan memahami
maksud dari gambar tersebut dengan cara mengidentifikasi benda-benda yang
terdapat pada gambar; (3) guru mengajak siswa menyusun kata-kata tersebut menjadi
baris-baris puisi.
Subjek penelitian adalah siswa kelas III A SDN Patrang 01 Jember tahun
pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah PTK model Hopkins dengan tahapan
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.
Analisis data yang dilakukan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif.
Peningkatan keterampilan menulis puisi siswa setelah diterapkan media
gambar diketahui persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada prasiklus 27,8%
menjadi 69,4% pada siklus 1 dan 88,9 % pada siklus 2. Atas dasar itu, maka dapat
disimpulkan bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan keterampilan
menulis puisi siswa siswa kelas III A SDN Patrang 01 Jember.
Saran yang dapat diberikan kepada guru yaitu hendaknya dapat menggunakan
gambar sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan
kemampuan siswa dalam menulis puisi dan memotivasi siswa untuk menulis puisi. | en_US |