Show simple item record

dc.contributor.advisorNuriman
dc.contributor.advisorAgustiningsih
dc.contributor.authorRetno, Dyah Widya
dc.date.accessioned2015-11-30T06:32:36Z
dc.date.available2015-11-30T06:32:36Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210204040
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65089
dc.description.abstractDalam teori pembelajaran kognitif, model belajar pemrosesan informasi, selama kegiatan pembelajaran terdapat stimulus yang berupa materi pembelajaran yang akan masuk ke dalam sistem ingatan untuk periode waktu terbatas. Untuk bisa disimpan dalam ingatan jangka panjang, pemrosesan informasi harus disertai dengan proses pengendalian pelaksanaan, seperti tindakan pengulangan dan pembiasaan. Penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran terutama dalam tahap pemrosesan informasi dan proses pengendalian pelaksanaan. Dalam mata pelajaran IPA, terdapat materi yang banyak memiliki istilah-istilah asing yang masih jarang didengar oleh siswa usia SD. Untuk dapat mempelajarinya dengan mudah guru dapat memanfaatkan penggunaan media yang dapat membantu siswa dalam mengolah informasi, terutama dalam kegiatan pengulangan dan pembiasaan. Permasalahan dalam pembelajaran IPA tersebut dapat diatasi dengan penggunaan media Crossword puzzle sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B melalui penggunaan media Crossword puzzle dalam pembelajaran IPA pokok bahasan Perubahan Penampakan Pada Bumi dan Benda Langit di SD Negeri Jember Lor 02 tahun ajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B melalui penggunaan media Crossword puzzle dalam pembelajaran IPA pokok bahasan Perubahan Penampakan Pada Bumi dan Benda Langit di SD Negeri Jember Lor 02 tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jember Lor 02 pada siswa kelas IV B sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 22 siswa ix perempuan. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPA menggunakan media Crossword puzzle mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 73%, dan pada siklus II mencapai persentase 84%. Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 11% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA menggunakan media Crossword puzzle mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 51,67 dan pada siklus II sebesar 84,33, sehingga peningkatannya sebesar 32,66. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPA menggunakan media Crossword puzzle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan Perubahan Penampakan Pada Bumi dan Benda Langit di SD Negeri Jember Lor 02 tahun ajaran 2014/2015. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti adalah media pembelajaran Crossword puzzle dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media dan variasi dalam pembelajaran IPA agar siswa aktif dan tertarik dan pembelajaran yang dilakukan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectCrossword Puzzleen_US
dc.titlePENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B SD NEGERI JEMBER LOR 02 PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PERUBAHAN PENAMPAKAN PADA BUMI DAN BENDA LANGIT TAHUN AJARAN 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record