Show simple item record

dc.contributor.advisorSatrijono, Hari
dc.contributor.advisorKhutobah
dc.contributor.authorYunitasari
dc.date.accessioned2015-11-30T06:15:40Z
dc.date.available2015-11-30T06:15:40Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210204029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65083
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas IIB SDN Patrang 01 Jember masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa permasalahan antara lain: (1) siswa banyak yang tidak memperhatikan temannya bercerita di depan, (2) tidak dapat menyampaikan pendapat secara lancar, dan (3) masih banyak siswa yang tidak mempunyai ide atau tidak tahu apa yang akan disampaikan saat guru meminta pendapatnya. Guru juga tidak menggunakan media dalam pembelajaran. Usaha untuk mengatasi permasalahan di atas adalah guru sebaiknya menggunakan media yang bervariasi dan sesuai dengan materi pembelajaran. Salah satu contoh media pembelajaran yang dapat digunakan adalah boneka tangan. Umumnya siswa SD kelas rendah masih sangat menyukai boneka. Apabila siswa diberi boneka secara tidak langsung akan mengajak berbicara atau membuat boneka tersebut seolah-olah dapat berbicara. Oleh karena itu, boneka tangan dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan media boneka tangan pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IIB SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015? dan 2) bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IIB pada pembelajaran Bahasa Indonesia setelah menggunakan media boneka tangan di SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015?. x Berdasarkan rumusan masalah tersebut tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penerapan media boneka tangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara pada siswa kelas IIB SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015 dan 2) untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media boneka tangan pada siswa kelas IIB SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IIB dengan jumlah 36 siswa, terdiri atas 17 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan dalam penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media boneka tangan pada pembelajaran Bahasa Indonesia menceritakan kembali cerita anak yang didengar dilaksanakan dengan cara; (a) guru menceritakan cerita anak dengan menggunakan boneka tangan, (b) siswa mengerjakan LKS, (c) siswa menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan kata-kata sendiri menggunakan media boneka tangan, (d) siswa yang duduk memberikan tanggapan dan komentar terhadap penampilan temannya. Kegiatan pembelajaran pada siklus I berjalan cukup baik, namun terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran tersebut. Masalah-masalah yang terjadi pada siklus I tidak terjadi lagi pada siklus II. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IIB SDN Patrang 01 Jember. 2) Peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IIB setelah menggunakan media boneka tangan yaitu secara klasikal persentase ketuntasan nilai keterampilan berbicara siswa yang telah memenuhi KKM (≥ 66) pada prasiklus sebanyak 58% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 14% menjadi 72%, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 17% menjadi 89%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan media boneka tangan keterampilan berbicara siswa kelas IIB SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015 meningkat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKeterampilan Berbicaraen_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS IIB SDN PATRANG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record