Show simple item record

dc.contributor.advisorSunardi
dc.contributor.advisorSusanto
dc.contributor.authorMuharromah, Fiyandari
dc.date.accessioned2015-11-30T04:39:13Z
dc.date.available2015-11-30T04:39:13Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210204060
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65075
dc.description.abstractGuru memegang peranan penting dalam proses pelaksanaan pembelajaran di kelas dan paling bertanggungjawab atas mutu pendidikan anak didiknya. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 berkaitan dengan standar proses mengisyaratkan guru diharapkan dapat mengembangkan perencanaan pembelajaran. Hasil wawancara menunjukkan bahwa fakta di sekolah dasar adalah guru mengandalkan perangkat pembelajaran yang sudah jadi. Guru berpedoman pada perangkat yang dibuat oleh pemerintah maupun lembaga lain tanpa melihat kesesuaian perangkat itu dengan karakteristik dan latar belakang siswa yang terlihat pada permasalahan atau soal-soal di buku siswa yang tidak sesuai dengan konteks siswa kelas III SD Negeri Gebang 03 Jember. Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah yang ada, maka penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) materi sifat-sifat persegi panjang, persegi, dan segitiga kelas III SD, dan (2) menghasilkan perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) materi sifat-sifat persegi panjang, persegi, dan segitiga kelas III SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan didasarkan pada model Thiagarajan yang dimulai dengan menetapkan kebutuhan pembelajaran pada tahap pendefinisian. Langkah berikutnya yaitu merancang prototipe (draft I) perangkat pembelajaran yang dimulai dengan membuat kisi-kisi perangkat pembelajaran dan merancang alat evaluasi, pemilihan media dan format serta perancangan awal. Proses pengembangan selanjutnya adalah x validasi serta uji coba perangkat pembelajaran di kelas III SD Negeri Gebang 03 Jember. Berdasarkan hasil penelitian dan validasi, perangkat pembelajaran direvisi dan hasilnya dinamakan draft II yang layak untuk diujicobakan. Hasil uji coba digunakan sebagai saran untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran dan hasilnya merupakan produk akhir yang siap disebarkan. Hasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan RME materi sifat-sifat persegi panjang, persegi, dan segitiga kelas III SD yang terdiri atas RPP, buku siswa, LKS, dan THB yang telah dikategorikan baik karena memenuhi tiga kriteria yaitu: a) valid dengan koefisien validitas RPP, buku siswa, LKS dan THB > 0,80 yaitu berturut-turut mencapai 0,89; 0,88; 0,90; dan 0,91. Tingkat kevalidan tersebut menunjukkan bahwa perangkat layak untuk digunakan; b) praktis yang ditunjukkan dari persentase aktivitas guru model selama tiga pertemuan yaitu pertemuan pertama mencapai 82,5%; pertemuan kedua mencapai 87,5%, dan pertemuan ketiga mencapai 88,75%. Kepraktisan perangkat pembelajaran menandakan perangkat mudah digunakan oleh guru; c) efektif yang diperoleh dari hasil analisis: (a) persentase aktivitas belajar siswa yang berkategori baik dari pertemuan 1, 2, dan 3 yaitu 84%, 80%, dan 87%, (b) persentase respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran yaitu > 80%, (c) lebih dari 80% siswa kelas III SD Negeri Gebang 03 Jember mendapat skor ≥ 60 dan validitas butir soal tes hasil belajar menunjukkan interpretasi tinggi dan derajat reliabilitasnya tinggi. Efektifitas tersebut membuktikan bahwa perangkat pembelajaran dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran pada materi sifat-sifat persegi panjang, persegi, dan segitiga.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectRealistic Mathematic Education (RME)en_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Materi Sifat-Sifat Persegi Panjang, Persegi, dan Segitiga Kelas III SDen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record