dc.description.abstract | Guru memegang peranan penting dalam proses pelaksanaan pembelajaran di
kelas dan paling bertanggungjawab atas mutu pendidikan anak didiknya. Peraturan
Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 berkaitan dengan standar proses mengisyaratkan
guru diharapkan dapat mengembangkan perencanaan pembelajaran. Hasil wawancara
menunjukkan bahwa fakta di sekolah dasar adalah guru mengandalkan perangkat
pembelajaran yang sudah jadi. Guru berpedoman pada perangkat yang dibuat oleh
pemerintah maupun lembaga lain tanpa melihat kesesuaian perangkat itu dengan
karakteristik dan latar belakang siswa yang terlihat pada permasalahan atau soal-soal
di buku siswa yang tidak sesuai dengan konteks siswa kelas III SD Negeri Gebang 03
Jember.
Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah yang ada, maka penelitian
ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan perangkat
pembelajaran berorientasi pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) materi
sifat-sifat persegi panjang, persegi, dan segitiga kelas III SD, dan (2) menghasilkan
perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan Realistic Mathematic Education
(RME) materi sifat-sifat persegi panjang, persegi, dan segitiga kelas III SD.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan
yang digunakan didasarkan pada model Thiagarajan yang dimulai dengan
menetapkan kebutuhan pembelajaran pada tahap pendefinisian. Langkah berikutnya
yaitu merancang prototipe (draft I) perangkat pembelajaran yang dimulai dengan
membuat kisi-kisi perangkat pembelajaran dan merancang alat evaluasi, pemilihan
media dan format serta perancangan awal. Proses pengembangan selanjutnya adalah
x
validasi serta uji coba perangkat pembelajaran di kelas III SD Negeri Gebang 03
Jember. Berdasarkan hasil penelitian dan validasi, perangkat pembelajaran direvisi
dan hasilnya dinamakan draft II yang layak untuk diujicobakan. Hasil uji coba
digunakan sebagai saran untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran dan
hasilnya merupakan produk akhir yang siap disebarkan.
Hasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan
RME materi sifat-sifat persegi panjang, persegi, dan segitiga kelas III SD yang terdiri
atas RPP, buku siswa, LKS, dan THB yang telah dikategorikan baik karena
memenuhi tiga kriteria yaitu:
a) valid dengan koefisien validitas RPP, buku siswa, LKS dan THB > 0,80 yaitu
berturut-turut mencapai 0,89; 0,88; 0,90; dan 0,91. Tingkat kevalidan tersebut
menunjukkan bahwa perangkat layak untuk digunakan;
b) praktis yang ditunjukkan dari persentase aktivitas guru model selama tiga
pertemuan yaitu pertemuan pertama mencapai 82,5%; pertemuan kedua
mencapai 87,5%, dan pertemuan ketiga mencapai 88,75%. Kepraktisan perangkat
pembelajaran menandakan perangkat mudah digunakan oleh guru;
c) efektif yang diperoleh dari hasil analisis: (a) persentase aktivitas belajar siswa
yang berkategori baik dari pertemuan 1, 2, dan 3 yaitu 84%, 80%, dan 87%, (b)
persentase respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran dan proses
pembelajaran yaitu > 80%, (c) lebih dari 80% siswa kelas III SD Negeri Gebang
03 Jember mendapat skor ≥ 60 dan validitas butir soal tes hasil belajar
menunjukkan interpretasi tinggi dan derajat reliabilitasnya tinggi. Efektifitas
tersebut membuktikan bahwa perangkat pembelajaran dapat digunakan untuk
mencapai tujuan pembelajaran pada materi sifat-sifat persegi panjang, persegi,
dan segitiga. | en_US |