Show simple item record

dc.contributor.advisorSulthon M., M.
dc.contributor.advisorRahayu
dc.contributor.authorYuliana, Dewi
dc.date.accessioned2015-11-30T04:08:21Z
dc.date.available2015-11-30T04:08:21Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210204063;
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65063
dc.description.abstractPendidikan merupakan bagian integral dalam pembangunan. Proses pendidikan tak dapat dipisahkan dari pembangunan itu sendiri. Pendidikan selalu mengalami perubahan di manapun dan kapanpun. Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Strategi belajar peta konsep merupakan cara belajar dengan memperlihatkan konsep-konsep dan proposisi-proposisi dalam mata pelajaran. Peta konsep menyediakan visual konkret untuk membantu mengorganisasikan informasi dalam pengalaman belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan strategi belajar peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas III dalam mata pelajaran IPS tema keperluan sehari-hari di SDN Mangli 01- Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mangli 01 Jember, dimulai tanggal 3 Februari sampai dengan 9 Februari 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental sebenarnya atau true experimental dengan pola pre-test post-test control group design. Sasaran penelitian adalah siswa kelas III-A dengan jumlah siswa 35 siswa terdiri dari 16 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki, sedangkan kelas III-B dengan jumlah siswa 35 siswa terdiri dari 16 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Pengumpulan data menggunakan metode tes yang berupa tes tulis pilihan ganda pada pre-test dan post-test. Kelas III-A sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerakan strategi belajar peta konsep, sedangkan kelas V-A sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional dengan ceramah, diskusi dan penugasan. Uji homogenitas dilakukan sebelum diadakan proses belajar mengajar dengan ix menggunakan data hasil Ulangan Tengah Semester. Uji Homogenitas dilakukan menggunakan program statistik SPSS versi 16.00 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji t diperoleh sebesar 1,208. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan = 1,9973 dapat diketahui bahwa hasil < (1,208 < 1,9973) sehingga tingkat kemampuan siswa kedua kelas adalah homogen. Dilakukan uji t independen antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berdasarkan nilai selisih antara pre-test dan post-test. Hasil uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 16.00 diperoleh bahwa hasil > yaitu 4,878 > 1,9973 sehingga dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai siswa yang diajar dengan menerapkan strategi belajar peta konsep dibandingkan dengan nilai siswa yang diajar dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif yang signifikan pada penerapan strategi belajar peta konsep terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS tema keperluan sehari-hari pada siswa kelas III di SDN Mangli 01 Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPeta Konsepen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Strategi Belajar Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Tema Keperluan Sehari-hari Pada Siswa Kelas III Di SDN Mangli 01 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record