Show simple item record

dc.contributor.advisorSuhartiningsih
dc.contributor.advisorSihono
dc.contributor.authorSudjatmiko, Chandra
dc.date.accessioned2015-11-30T03:59:27Z
dc.date.available2015-11-30T03:59:27Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210204099
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65055
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru, hasil pembelajaran kemampuan berbicara dengan kompetensi dasar (KD) : Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar secara runtut kelas III B SDN Ajung 03 Jember masih belum secara optimal. Faktor kurang optimalnya berbicara siswa dikarenakan kurangnya kesempatan yang diberikan guru kepada siswa untuk berlatih berbicara atau mengungkapkan pendapatnya sehingga siswa kurang percaya diri dan tidak terampil serta kurang lancar dalam berbicara, maka untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan model pembelajaran yang membuat siswa tertarik untuk belajar dan berlatih berbicara secara tepat dan lancar dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan cara memilih model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang bersifat Student Centre (berpusat pada siswa). Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray adalah suatu pembelajaran yang melibatkan kelompok-kelompok, dalam kelompoknya menggunakan pola dua tinggal dua tamu. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dibagi menjadi beberapa kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 4 anggota siswa yang heterogen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar kemampuan berbicara siswa kelas III di SDN Ajung 03 Jember?, dan 2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN x Ajung 03 Jember setelah diterapkan model pebelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray? Penelitian ini dilakukan di SDN Ajung 03 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Penentuan subyek penelitian menggunakan metode populasi, yaitu di kelas IIIB dengan jumlah siswa sebanyak 44 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dilakukan dalam lima tahapan yaitu tahap persiapan, presentasi guru, kegiatan kelompok, formalisasi, dan evaluasi kelompok dengan diberikan penghargaan. Peningkatan kemampuan berbicara siswa setelah diterapkan model TSTS siswa menjadi lebih berani, lancar, dan tepat dalam berbicara. Skor hasil belajar siswa pada pra siklus 69,88 menjadi 75,79 pada siklus 1 dan 80,22 pada siklus 2. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas III SDN Ajung 03 Jember. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian adalah: 1) bagi guru kelas, dalam mengajarkan bahasa Indonesia aspek keterampilan berbicara hendaknya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray atau model pembelajaran yang lainnya yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara, dan 2) bagi peneliti, diharapkan hasil penelitian dapat dijadikan acuan untuk mengadakan penelitian sejenis, terutama dalam ruang lingkup yang lebih luas, 3) bagi sekolah, diharapkan dapat menyempurnakan model pembelajaran dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, dan 4 bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengadopsi model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray ini pada pembelajaran yang berbeda ataupun pada jenjang pendidikan yang lain sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectTwo Stay Two Strayen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kemampuan Berbicara Di Kelas III SDN Ajung 03 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record