Show simple item record

dc.contributor.advisorSuhartiningsih
dc.contributor.advisorLathif, Misno A.
dc.contributor.authorCahyo, Riza Dwi
dc.date.accessioned2015-11-30T03:57:50Z
dc.date.available2015-11-30T03:57:50Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim100210204141
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65053
dc.description.abstractMenyimak memang memegang peranan yang sangat penting bagi individu dalam kehidupan sehari-hari. Pada kenyataannya dalam kegiatan belajar mengajar di kelas 5 SDN Pakisan 2, kegiatan menyimak masih tergolong tidak efektif, sehingga hasil belajar menyimak menjadi kurang maksimal. Setelah mendengarkan guru bercerita masih terdapat 12 orang siswa yang tidak dapat menyebutkan tokoh dengan lengkap dan hanya mengingat tokoh yang sering muncul dalam cerita saja. Selain itu siswa kelas 5 juga masih bingung dalam membedakan antara tema dan amanat yang ada dalam cerita. Hasil tes untuk keterampilan menyimak menunjukkan bahwa dari 17 siswa yang merupakan jumlah keseluruhan siswa kelas 5 pada tahun 2014/2015, hanya 3 orang siswa saja yang mendapat nilai di atas KKM. Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya variasi pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat). Variasi yang dapat dilakukan adalah dengan penggunaan media pembelajaranyang berupa media gambar cerita berseri. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah proses penggunaan media gambar cerita berseri yang dapat meningkatkan hasil belajar menyimak pada siswa kelas 5 SDN Pakisan 2 Tahun Pelajaran 2014/2015? Dan (2) peningkatan hasil belajar x menyimak pada siswa kelas 5 SDN Pakisan 2 Tahun Pelajaran 2014/2015?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses penggunaan media gambar cerita berseri yang dapat meningkatkan hasil belajar menyimak pada siswa kelas 5 SDN Pakisan 2 Tahun Pelajaran 2014/2015; dan (2) meningkatkan hasil belajar menyimak pada siswa kelas 5 SDN Pakisan 2 tahun pelajaran 2014/2015 melalui penggunaan media gambar cerita berseri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan desain penelitian yang mengacu pada model penelitian tindakan kelas oleh Hopkins. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif Proses penggunaan media gambar cerita berseri dalam pembelajaran terdiri dari 2 siklus. Hasil refleksi pada siklus I adalah siswa kurang mampu menentukan dan membedakan antara tema dengan amanat cerita. Berdasarkan hasil refleksi pada siklus I, maka pada siklus II dilakukan pemantapan materi dengan memberikan banyak contoh untuk sehingga siswa lebih mudah saat menentukan tema dan amanat dalam cerita. Hasil belajar menyimak dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur cerita pada siswa kelas 5 SDN Pakisan 2 Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat ditingkatkan melalui penggunaan media gambar cerita berseri yang diproyeksikan, Nilai ratarata siswa pada prasiklus 53,529, pada siklus I meningkat menjadi 69,705, dan pada siklus II meningkat menjadi 83,823. Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut, diberikan saran-saran. Saran untuk guru antara lain: hendaknya menggunakan media gambar cerita berseri yang diproyeksikan saat pelaksanakan kegiatan belajar menyimak, pada keterampilan berbahasa yang lain, dan pada matapelajaran lain. Saran untuk kepala sekolah yaitu hendaknya menyediakan LCD proyektor di sekolah untuk memudahkan penggunaan media gambar cerita berseri yang diproyeksikan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMenyimaken_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR MENYIMAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR CERITA BERSERI PADA SISWA KELAS 5 SDN PAKISAN 2 KECAMATAN TLOGOSARI KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record