dc.description.abstract | Menyimak memang memegang peranan yang sangat penting bagi individu
dalam kehidupan sehari-hari. Pada kenyataannya dalam kegiatan belajar mengajar
di kelas 5 SDN Pakisan 2, kegiatan menyimak masih tergolong tidak efektif,
sehingga hasil belajar menyimak menjadi kurang maksimal. Setelah
mendengarkan guru bercerita masih terdapat 12 orang siswa yang tidak dapat
menyebutkan tokoh dengan lengkap dan hanya mengingat tokoh yang sering
muncul dalam cerita saja. Selain itu siswa kelas 5 juga masih bingung dalam
membedakan antara tema dan amanat yang ada dalam cerita.
Hasil tes untuk keterampilan menyimak menunjukkan bahwa dari 17 siswa
yang merupakan jumlah keseluruhan siswa kelas 5 pada tahun 2014/2015, hanya 3
orang siswa saja yang mendapat nilai di atas KKM. Berdasarkan hal tersebut,
perlu adanya variasi pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran mengidentifikasi
unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat). Variasi yang dapat dilakukan adalah
dengan penggunaan media pembelajaranyang berupa media gambar cerita berseri.
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah proses penggunaan media gambar
cerita berseri yang dapat meningkatkan hasil belajar menyimak pada siswa kelas 5
SDN Pakisan 2 Tahun Pelajaran 2014/2015? Dan (2) peningkatan hasil belajar
x
menyimak pada siswa kelas 5 SDN Pakisan 2 Tahun Pelajaran 2014/2015?.
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: (1)
mendeskripsikan proses penggunaan media gambar cerita berseri yang dapat
meningkatkan hasil belajar menyimak pada siswa kelas 5 SDN Pakisan 2 Tahun
Pelajaran 2014/2015; dan (2) meningkatkan hasil belajar menyimak pada siswa
kelas 5 SDN Pakisan 2 tahun pelajaran 2014/2015 melalui penggunaan media
gambar cerita berseri.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan
menggunakan desain penelitian yang mengacu pada model penelitian tindakan
kelas oleh Hopkins. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Sedangkan analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif
Proses penggunaan media gambar cerita berseri dalam pembelajaran
terdiri dari 2 siklus. Hasil refleksi pada siklus I adalah siswa kurang mampu
menentukan dan membedakan antara tema dengan amanat cerita. Berdasarkan
hasil refleksi pada siklus I, maka pada siklus II dilakukan pemantapan materi
dengan memberikan banyak contoh untuk sehingga siswa lebih mudah saat
menentukan tema dan amanat dalam cerita.
Hasil belajar menyimak dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur cerita
pada siswa kelas 5 SDN Pakisan 2 Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat ditingkatkan
melalui penggunaan media gambar cerita berseri yang diproyeksikan, Nilai ratarata
siswa pada prasiklus 53,529, pada siklus I meningkat menjadi 69,705, dan
pada siklus II meningkat menjadi 83,823.
Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut, diberikan saran-saran. Saran
untuk guru antara lain: hendaknya menggunakan media gambar cerita berseri
yang diproyeksikan saat pelaksanakan kegiatan belajar menyimak, pada
keterampilan berbahasa yang lain, dan pada matapelajaran lain. Saran untuk
kepala sekolah yaitu hendaknya menyediakan LCD proyektor di sekolah untuk
memudahkan penggunaan media gambar cerita berseri yang diproyeksikan. | en_US |