dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mata pelajaran Bahasa Indonesia yang
merupakan mata pelajaran pokok dalam pembelajaran dan berfungsi untuk
mengajarkan penggunaan bahasa Indonesia secara tepat. Mata pelajaran Bahasa
Indonesia pada KTSP tidak terintregrasi pada mata pelajaran lain atau berdiri sendiri,
dan pada soal Ujian Akhir Semester Bahasa Indonesia kelas III SD tahun pelajaran
2013/2014 masih ditemukan ketidaktepatan dalam penulisan penggunaan bahasa
Indonesia. Ketidaktepatan penggunaan bahasa Indonesia, antara lain: penggunaan
ejaan dan tanda baca, penulisan kata, dan penggunaan kalimat.
Berdasarkan latar belakang tersebut permasalahan dalam penelitian ini adalah:
(1) bagaimanakah bentuk ketidaktepatan penggunaan ejaan dan tanda baca dalam
soal UAS I SD Bahasa Indonesia tahun pelajaran 2014/2015?, (2) bagaimanakah
bentuk ketidaktepatan penulisan kata dalam soal UAS I SD Bahasa Indonesia tahun
pelajaran 2014/2015?, (3) bagaimanakah bentuk ketidaktepatan penggunaan kalimat
dalam soal UAS I SD Bahasa Indonesia tahun pelajaran 2014/2015?, dan (4) faktorfaktor
apakah yang mempengaruhi ketidaktepatan dalam penulisan soal UAS I SD
Bahasa Indonesia tahun pelajaran 2014/2015?.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal sebagai berikut:
(1) bentuk ketidaktepatan penggunaan ejaan dan tanda baca, (2) bentuk
ketidaktepatan penulisan kata, (3) bentuk ketidaktepatan penggunaan kalimat, dan (4)
ix
faktor ketidaktepatan penggunaan bahasa Indonesia dalam soal UAS I SD Bahasa
Indonesia tahun pelajaran 2014/2015.
Rancangan penelitian ini adalah Kualitatif-Analisis. Sumber data adalah soal
UAS I bahasa Indonesia kelas III. Data berupa soal yang diindikasikan salah dalam
penggunaan bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data dilakukan dengan
dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri atas tiga alur kegiatan yang
terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Prosedur penelitian dalam penelitian ini terdiri atas tiga tahap yaitu
tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian.
Hasil dan pembahasan dalam penelitian menunjukkan bahwa ketidaktepatan
dalam soal UAS I bahasa Indonesia meliputi: (1) ketidaktepatan penggunaan ejaan
dan tanda baca yaitu ketidaktepatan penulisan huruf kapital dan huruf kecil,
ketidaktepatan tanda baca titik, tanda koma, dan tanda seru (2) ketidaktepatan
penulisan kata yaitu ketidaktepatan kata baku, kata depan, dan makna kata (3)
ketidaktepatan penggunaan kalimat yaitu ketidakhematan, ketidaklogisan,
kevariasian, dan kesejajaran dan (4) faktor ketidaktepatan penggunaan bahasa
Indonesia dalam soal Ujian Akhir Semester I Bahasa Indonesia.
Adapun saran dalam penelitian ini: (1) bagi mahasiswa, sebaiknya banyak
membaca buku pedoman penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, (2) bagi
guru bahasa Indonesia, hendaknya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan
pengajaran penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di sekolah, (3) bagi
tim penyusun soal, khususnya guru bahasa Indonesia dan guru SD sebaiknya
menguasai kaidah penulisan bahasa Indonesia pada soal, (4) bagi peneliti, hendaknya
hasil penelitian ini dapat memberikan pengalaman berharga untuk membuat soal
UAS sesuai dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan (5) bagi
peneliti lain, yang ingin meneliti kesalahan ejaan, penulisan kata dan penggunaan
kalimat seharusnya membekali diri dengan pengetahuan tentang kaidah bahasa
Indonesia yang baik dan benar. | en_US |