dc.description.abstract | Proses pembelajaran akan berlangsung dengan baik apabila guru dapat
menggunakan pendekatan pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk berperan
aktif dalam proses belajar mengajar, dapat meningkatkan potensi intelektual siswa,
dan agar pengalaman siswa dalam proses menemukan sesuatu yang baru menjadi
lebih berkembang. Proses belajar mengajar di sekolah, yang diharapkan mampu
mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan salah satu pendekatan
pembelajaran open-ended. Penerapan pendekatan open-ended dalam pembelajaran
PKn yaitu dengan memberikan permasalahan terbuka tentang masalah
kewarganegaraan yang memiliki solusi bervariasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penerapan
pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn
pokok bahasan pengaruh globalisasi di SDN Tegal Gede 01 Jember Semester Genap
Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atau
dampak dari penerapan pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa kelas IV
mata pelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi di SDN Tegal Gede 01
Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di
SDN Tegal Gede 01 Jember. Subyek pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV
SDN Tegal Gede 01 Jember yang terdiri dari kelas IVA dan IVB yang berjumlah 71
siswa.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain
penelitian ini adalah pre-test post-test control group design. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi,
ix
namun metode wawancara dan observasi tidak digunakan untuk menganalisis hasil
belajar. Analisis data yang digunakan berupa beda nilai pre-test dan post-test pada
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Menentukan kelas eksperimen dan kontrol
melalui pengundian, sebelum melakukan pengundian dilakukan uji homogenitas
terlebih dahulu untuk mengetahui homogen tidaknya kemampuan awal kedua kelas
tersebut dengan menggunakan nilai UTS semester genap.
Hasil perhitungan uji homogenitas dengan menggunakan SPSS mendapatkan
harga , selanjutnya harga dikonsultasikan dengan harga harga ,
diketahui pada taraf signifikansi 5% sehingga nilai =
1,997. Berdasarkan nilai = 1,997 dan nilai , maka < yaitu
1,555 < 1,997. Diperoleh hasil bahwa tidak ada perbedaan mean yang signifikan
antara kelas IVA dan IVB, hal ini menunjukkan tingkat kemampuan awal siswa
sebelum diberikan perlakuan adalah homogen. Berdasarkan hasil pengundian tersebut
kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen.
Data yang dianalisis berupa beda nilai pre-test dan post-test pada kelas
eksperimen (IVB) dan kelas kontrol (IVA). Beda nilai pre-test dan post-test siswa
dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan menggunakan
rumus uji-t dengan menggunakan program SPSS diperoleh hasil yaitu
, harga ini kemudian dikonsultasikan dengan dengan db = 69 pada taraf
signifikansi 5% sehingga diperoleh harga Berdasarkan analisis
tersebut diperoleh > yaitu > , dengan demikian hipotesis
nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh penerapan pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa kelas IV
mata pelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi di SDN Tegal Gede 01
Jember. Pendekatan open-ended ini diharapkan menjadi alternatif pembelajaran
inovatif bagi guru, bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai bahan rujukan untuk
penelitian selanjutnya. | en_US |