Show simple item record

dc.contributor.advisorM. Sulthon M.
dc.contributor.advisorRahayu
dc.contributor.authorPratomo, Achmad Sigit
dc.date.accessioned2015-11-30T03:24:04Z
dc.date.available2015-11-30T03:24:04Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210204104
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65033
dc.description.abstractKurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Guru diharapkan memiliki kesiapan dalam perubahan ini, yaitu memiliki kreativitas lebih dalam mengolah pembelajaran di kelas, sehingga tujuan pembelajaran tersebut tercapai. Salah satunnya adalah penenerapan model pembelajaran peta konsep melalui media gambar. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran peta konsep melalui media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Penelitian ini dilakukan di SDN Klompangan 02 Ajung sejak tanggal 11 Februari sampai tanggal 24 Februari 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental sebenarnya atau true experimental dengan pola pre-test post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB SDN Klompangan 02 Ajung. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan tingkat kemampuan awal yang dimiliki. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga 𝑡0 = -0,162, kemudian harga 𝑡0 tersebut dibandingkan dengan harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan 𝑑𝑏 = 54 pada taraf signifikansi 5%. Nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan 𝑑𝑏 = 54 memiliki harga 2,005. Hasil tersebut membuktikan bahwa 𝑡0 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yang berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya ix dilakukan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang merupakan data utama dalam penelitian ini. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 2,739, harga ini kemudian dibandingkan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan db = 54 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,005. Diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (2,739 > 2,005), dengan demikian hipotesis nihil (𝐻0) yang berbunyi tidak ada pengaruh penerapan model pembelajaran peta konsep melalui media gambar tehadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Klompangan 02 Ajung Jember ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh penerapan model pembelajaran peta konsep melalui media gambar tehadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Klompangan 02 Ajung Jember diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran peta konsep melalui media gambar tehadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Klompangan 02 Ajung Jember. Model pembelajaran ini diharapkan menjadi model pembelajaran yang tepat pada kurikulum 2013 sehingga dapat digunakan oleh guru-guru di Sekolah Dasar dengan menyesuaikan kompetensi yang akan diajarkan sehingga tujuan pembelajaran tersebut tercapai serta dapat memberikan wawasan, masukan dan bahan pertimbangan dalam penelitian selanjutnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel Pembelajaran Peta Konsepen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep Melalui Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Indahnya Negeriku Di SDN Klompangan 02 Ajung Jemberen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record