Show simple item record

dc.contributor.advisorMuchtar, Imam
dc.contributor.advisorRahayu
dc.contributor.authorIndriani, Dian Nuarisca
dc.date.accessioned2015-11-30T02:44:21Z
dc.date.available2015-11-30T02:44:21Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210204116
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65013
dc.description.abstractPendidikan mempunyai peran yang sangat penting bagi pembangunan bangsa dan negara. Tidak dapat dipungkiri bahwa maju tidaknya suatu negara bergantung pada kondisi pendidikan yang terjadi pada negara tersebut. Langkah maju dalam dinamika pendidikan nasional yang telah dilakukan Depdiknas salah satunya adalah diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan paradigma baru yaitu pembelajaran kontekstual.. Media pembelajaran adalah salah satu faktor untuk mempengaruhi hasil belajar peserta didik dan akan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pembelajaran akan menjadi aktif dan menyenangkan, peserta didik akan lebih mudah memahami pembelajaran karena disajikan dalam bentuk yang menarik dengan menggunakan video pembelajaran Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama siswa kelas 5SDN Sabrang 03 Jember. Penelitian ini dilakukan di SDN Sabrang 03 Jember sejak tanggal 22 April sampai tanggal 2 Mei 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu atau Quasi Eksperimen dengan pola pre-test post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 5A dan 5B SDN Sabrang 03 Jember. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan tingkat kemampuan awal yang dimiliki. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga thitung=-1,579, kemudian harga thitung tersebut dibandingkan dengan harga 􀝐􀯧􀯔􀯕􀯘d􀯟engan 􀝀􀜾= 44 pada taraf signifikansi ix 5%. Nilai􀝐􀯧􀯔􀯕􀯘d􀯟engan 􀝀􀜾= 44 memiliki harga 2,015. Hasil tersebut membuktikan bahwa thitung< 􀝐􀯧􀯔􀯕􀯘y􀯟ang berarti 1,579 < 2,015 kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya dilakukan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas 5A sebagai kelas kontrol dan kelas 5B sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang merupakan data utama dalam penelitian ini. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan posttest yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh 􀝐􀯛􀯜􀯧􀯨􀯡=􀯚 3.700, harga ini kemudian dibandingkan dengan 􀝐􀯧􀯔􀯕􀯘d􀯟engan db = 44 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh􀝐􀯧􀯔􀯕􀯘=􀯟 2,015. Diperoleh 􀝐􀯛􀯜􀯧􀯨􀯡>􀯚􀝐􀯧􀯔􀯕􀯘(􀯟3.700 > 2,015), dengan demikian hipotesis nihil (􀜪􀬴) yang berbunyi tidak ada pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama siswa kelas 5 SDN Sabrang 03 Jember ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama siswa kelas 5 SDN Sabrang 03 Jember diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama siswa kelas 5 di SDN Sabrang 03 Jember. Penggunaan media pembelajaran ini diharapkan menjadi media pembelajaran yang tepat pada kurikulum KTSP sehingga dapat digunakan oleh guru di Sekolah Dasar dengan menyesuaikan kompetensi yang akan diajarkan sehingga tujuan pembelajaran tersebut tercapai serta dapat memberikan wawasan, masukan dan bahan pertimbangan dalam penelitian selanjutnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectaudio visualen_US
dc.titlePengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas 5 dalam pembelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama di SDN Sabrang 03 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record