Show simple item record

dc.contributor.authorSiti Fatimah
dc.date.accessioned2013-12-09T03:05:16Z
dc.date.available2013-12-09T03:05:16Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM070210193032
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6499
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi awal di SMA Negeri Arjasa, Jember diketahui bahwa di SMA Negeri Arjasa, Jember dalam melakukan penilaiannya masih menggunakan penilaian tes saja. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan salah satu cara yaitu dengan menggunakan penilaian (assessmen) portofolio dan juga diperlukan metode pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran. Salah satu metode yang sesuai untuk penilaian portofolio adalah metode diskusi, karena dengan metode ini siswa dapat mengeluarkan pendapat dan dapat saling tukar menukar informasi sehingga pengetahuan siswa terus bertambah. Selain itu dengan penggunaan metode pembelajaran diskusi dapat melatih siswa untuk berpikir kritis. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran diskusi berbasis Lesson Study dengan assessment portofolio terhadap: (1) keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri Arjasa,Jember, (2) hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri Arjasa, Jember. Hasil penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai acuan bagi penelitian selanjutnya untuk lebih meningkatkan mutu pembelajaran terutama pada pelajaran biologi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Arjasa, Jl. Sultan Agung No. 64 Arjasa, Jember yang dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2011-2012. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA semester gasal SMA Negeri Arjasa, Jember tahun ajaran 2011-2012. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen yang merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Pengumpulan data menggunakan metode: observasi, dokumentasi, wawancara, tes, dan penilaian keterampilan berpikir kritis. Dalam tahap ini untuk menguji pengaruh metode pembelajaran diskusi berbasis Lesson Study dengan assessment portofolio terhadap keterampilan berpikir kritis dengan melihat indeks gain dari nilai pretest dan posttest dan penilaian berdasarkan kriteria keterampilan berpikir kritis, sedangkan hasil belajar siswa dilakukan analisis data dengan menggunakan uji ANOVA. Hasil dari analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan yaitu (1) penilaian keterampilan berpikir krtis dapat dicari dengan menggunakan indeks gain dari skor pretest dan posttest, selain itu juga dapat dengan menggunakan beberapa kriteria dalam penilaian keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kritis tampak lebih tinggi pada kelas eksperimen (XI IPA 3) dibandingkan dengan kelas eksperimen (XI IPA 5). Dari hasil uji ANOVA dengan taraf signifikan 0,000 (< 0,05) menunjukkan bahwa perlakuan tersebut memberikan pengaruh yang berbeda pada kedua kelas tersebut. Skor pretest dan posttest dapat juga digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu dapat diukur melalui nilai kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dari hasil uji ANOVA peningkatan dari nilai kognitif dengan taraf signifikan 0,001 (< 0,05), afektif dengan taraf signifikan 0,016 (< 0,05), dan psikomotorik dengan taraf signifikan 0,001 (< 0,05), jika dilihat taraf signifikannya dapat disimpulkan bahwa perlakuan tersebut memberikan pengaruh yang berbeda kelas eksperimen (XI IPA 3) dibandingkan dengan kelas eksperimen (XI IPA 5) dan peningkatan nilai kognitif, afektif, dan psikomotorik tampak lebih tinggi pada kelas eksperimen (XI IPA 3) dibandingkan dengan kelas eksperimen (XI IPA 5).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210193032;
dc.subjectMETODE PEMBELAJARAN, BERPIKIR KRITISen_US
dc.titlePENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKUSI BERBASIS LESSON STUDY DENGAN ASSESSMENT PORTOFOLIO TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI ARJASA JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record