Show simple item record

dc.contributor.advisorWijaya, A.T.Hendra
dc.contributor.advisorImsiyah, Niswatul
dc.contributor.authorDEWANTORO, BAYU ZUMAR
dc.date.accessioned2015-11-30T00:54:53Z
dc.date.available2015-11-30T00:54:53Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim100210201006
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64985
dc.description.abstractPendidikan merupakan proses yang sangat pernting bagi keberlangsungan hidup setiap warga negara yang mencangkup setiap kalangan baik kalangan atas maupun kalangan bawah dan juga mencakup setiap umur, karena pada dasarnya setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi permasalahan pendidikan yang ada di masyarakat ini adalah dengan membuat program kesetaraan. Dalam program kesetaraan ini memerlukan suatu tindakan khusus dalam melaksanakan suatu proses pembelajaran yang salah satunya adalah pemilihan strategi yang tepat agar prestasi yang didapat oleh warga belajar diraih maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar korelasi antara strategi pembelajaran dengan prestasi belajar warga belajar pada kelompok belajar paket c kelas x di UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya korelasi strategi belajar dengan prestasi belajar warga belajar pada kelompok belajar paket C di UPTD dinas pendidikan kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Manfaat dari penelitian adalah sebagai bahan referensi bagi mahasiswa dan pengelola lembaga yang dapat mendukung pengembangan Program Pendidikan Kesetaraan sebagai salah satu program dari Pendidikan Luar Sekolah. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kejar Paket C Kelas X di UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember dengan menggunakan metode purposive area. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi dengan jumlah responden sebesar 20 warga belajar dengan menggunakan tehnik populasi. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional dengan analisis data menggunakan korelasi tata jenjang (Range Difference Corelation). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat korelasi antara Strategi Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Warga Belajar pada Kejar Paket C kelas X UPTD dinas Pendidikan Kecamatan Jenggawah sebesar 0.796 sebagai rhitung. Nilai ini lebih besar dari rtabel untuk N=20 orang dengan tingkat kepercayaan 95% sebesar 0.450, sehingga hasil yang diperoleh signifikan yaitu Hipotesis Nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis Kerja (Ha) diterima. Sedangkan korelasi terbesar yang diperoleh yaitu pada indikator strategi pembelajaran didaktik dengan kompetensi kecakapan hidup yaitu sebesar 0.769 dan tingkat korelasi terkecil yaitu pada indikator strategi pembelajaran partisipasi dengan kompetensi akademik yaitu sebesar 0.563. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat korelasi yang tinggi Antara Strategi Pembelajaran Dengan Prestasi Belajar Warga Belajar Pada Kelompok Belajar Paket C Kelas X Di UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Berkenaan dengan hasil penelitian maka saran yang diberikan yaitu diharapkan semakin meningkatkan proses kegiatan belajar mengajar kepada warga belajar, agar warga belajar dapat lebih mudah menyerap pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui tutor, sehingga lembaga dan warga belajar bisa saling bekerja sama dalam mewujudkan visi dan misi dan tujuan yang ingin dicapai.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectStrategi Pembelajaranen_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.titleKORELASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR WARGA BELAJAR PADA KELOMPOK BELAJAR PAKET C KELAS X DI UPTD DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record