Show simple item record

dc.contributor.authorNOVIA SULISTYOWATI
dc.date.accessioned2013-12-09T02:52:51Z
dc.date.available2013-12-09T02:52:51Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM080210204301
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6471
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di SDN Jombang 03 Kecamatan Jombang. Penentuan subyek penelitian menggunakan metode populasi dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu di kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 38 siswa. Sumber data primer diperoleh dari siswa kelas V dan guru kelas V, sedangkan data sekunder diperoleh dari guru kelas V . Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan hasil belajar siswa menunjukan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 29 % dengan kriteria kurang sekali. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa langsung meningkat menjadi 3,6 dengan kriteria aktivitas belajar tinggi, dan hasil belajar siswa meningkat dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 87 %. Pada siklus II, aktivitas dan hasil belajar siswa semakin meningkat dengan skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 4,7 dengan kriteria aktivitas belajar sangat tinggi. Peningkatan tersebut searah dengan peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 97 %. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Jombang 03 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember tahun ajaran 2010-2011.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204301;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar, IPS, Perjuangan Melawan Penjajah, Quantum Learningen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH DENGAN PENERAPAN QUANTUM LEARNING MELALUI TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) DI SDN JOMBANG 03 KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record