dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan di SDN Jombang 03 Kecamatan Jombang. Penentuan
subyek penelitian menggunakan metode populasi dengan jenis penelitian tindakan
kelas (PTK), yaitu di kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 38 siswa. Sumber data
primer diperoleh dari siswa kelas V dan guru kelas V, sedangkan data sekunder
diperoleh dari guru kelas V . Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model
skema spiral dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi
perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi
(reflection). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode
observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisa data yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan hasil belajar siswa menunjukan
ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 29 % dengan kriteria kurang sekali. Pada
siklus I, aktivitas belajar siswa langsung meningkat menjadi 3,6 dengan kriteria
aktivitas belajar tinggi, dan hasil belajar siswa meningkat dengan ketuntasan belajar
secara klasikal sebesar 87 %. Pada siklus II, aktivitas dan hasil belajar siswa
semakin meningkat dengan skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 4,7 dengan
kriteria aktivitas belajar sangat tinggi. Peningkatan tersebut searah dengan
peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar secara
klasikal sebesar 97 %.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Jombang 03
Kecamatan Jombang Kabupaten Jember tahun ajaran 2010-2011. | en_US |