Show simple item record

dc.contributor.authorIndah Wahyu Savitri
dc.date.accessioned2013-12-09T02:52:09Z
dc.date.available2013-12-09T02:52:09Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM070210193071
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6467
dc.description.abstractSalah satu cara yang ditempuh untuk melatih para calon guru dalam memantapkan penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial secara terintegrasi sesuai dengan tuntutan UU No. 14/2005, maka program S1 FKIP Universitas Jember membekali mahasiswa dengan suatu kegiatan langsung dan khusus yang mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru yang kompeten. Kegiatan tersebut dikenal dengan Program Pengalaman Lapangan (PPL) yang diwajibkan kepada seluruh mahasiswa. Guru biologi adalah guru sains yang mempunyai karakteristik khusus. Harapan untuk mencetak calon guru biologi yang dapat memberikan pembelajaran biologi yang efektif sesuai dengan pembelajaran sains sangat didambakan oleh institusi sebagai lembaga pencetak tenaga guru. Untuk mengetahui seberapa jauh kemajuan yang telah dicapainya, salah satunya bisa diukur dari kinerja calon guru yang sedang melakukan Program Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah. Dalam proses pembelajaran, siswa merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan pelaksanaan PPL karena mahasiswa sebagai calon guru selalu berinteraksi dengan siswa, oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk mengkaji permasalahan mengenai persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru PPL. Penelitian dilaksanakan di sekolah–sekolah yang menerima mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jember periode Juli-Desember 2011 yang dilaksanakan di SMPN 1 Jember, SMPN 3 Jember, SMPN 6 Jember, SMPN 7 Jember SMAN 1 Jember, SMAN 4 Jember, SMAN 5 Jember dan SMKN 1 Jember yang dilakukan selama bulan November 2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, karena mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaimana adanya berdasarkan fakta yang diperoleh. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Terdapat empat aspek yang perlu diamati dalam proses mengajar mahasiswa calon guru biologi dalam menerapkan pembelajaran sains yang sedang melaksanakan PPL, yaitu pra pembelajaran, membuka pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran, dan menutup pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata secara keseluruhan dari delapan sekolah nampak bahwa responden yang memberikan persepsi sangat baik dengan kategori A (diatas 80%) sebanyak 6 sekolah yaitu SMPN 1 Jember, SMPN 6 Jember, SMPN 7 Jember, SMAN 4 Jember, SMAN 5 Jember dan SMKN 1 Jember. Sedangkan 2 sekolah yang lain yaitu SMPN 3 dan SMAN 1 dikategorikan B (70%-79%). Kendala yang terlihat karena kedua sekolah tersebut merupakan sekolah berstandar internasional dengan kemampuan siswa yang lebih bagus dari pada sekolah yang lain, sehingga memungkinkan banyak kendala dalam proses pembelajaran. Sedangkan hasil penelitian kemampuan mahasiswa calon guru dalam menerapkan pembelajaran Sains mendapat kategori B sehingga perlu ditingkatkan lagi agar sesuai dengan hakikat sains serta kebutuhan lapangan. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan kualitas mahasiswa dari program studi biologi itu sendiri sehingga untuk selanjutnya ada peningkatan bagi mahasiswa yang akan melaksanakan PPL disekolah-sekolah, khususnya sekolah yang bertaraf internasional.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210193071;
dc.subjectPERSEPSI SISWA, KEMAMPUAN MENGAJARen_US
dc.titlePERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN MENGAJAR CALON GURU BIOLOGI DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN SAINSen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record