dc.description.abstract | Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah penerapan model
Syndicate Group dengan media kartu Puzzle dapat meningkatkan aktivitas belajar
siswa dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan Bumi dan
Alam Semesta pada siswa kelas V SDN Gadingrejo 02 Kecamatan Umbulsari
Kabupaten Jember? (b) Bagaimanakah penerapan model Syndicate Group dengan
media kartu Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan Bumi dan Alam Semesta pada
siswa kelas V SDN Gadingrejo 02 Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember ?
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar
melalui model Syndicate Group dengan media katu puzzle mata pelajaran IPA siswa
kelas V Sekolah Dasar Negeri Gadingrejo 02 Kecamatan Umbulsari Kabupaten
Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan
jumlah siswa 21 anak, terdiri dari 8 laki-laki dan 13 perempuan, Pengambilan data
dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Gadingrejo 02 Kecamatan Umbulsari,
dimulai pada tanggal 08 Maret 2011 sampai tanggal 25 Maret 2011. Desain penelitian
yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah
dilakukan dengan metode observasi, tes dan wawancara. Data yang telah terkumpul
di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang di
x
analisis adalah aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran.
Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh hasil analisis aktivitas belajar siswa
selama pembelajaran IPA menggunakan model Sindycate Group dengan media kartu
Puzzle pada pembelajaran pra siklus diperoleh 49,4% kemudian hasil analisis pada
pembelajaran siklus I sebanyak 54,4%, sehingga terjadi peningkatan sebanyak 5%,
sedangkan pembelajaran dari siklus I mendapatkan prosentase aktivitas sebesar 54,4
dan pembelajaran siklus II memperoleh 66,1%, sehingga mengalami peningkatan
sebanyak 11,7%. Kemudian analisis hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam juga
mengalami peningkatan yang sangat memuaskan, yaitu pada pembelajaran pra siklus
sebesar 33,3%, pembelajaran siklus I sebesar 66,7%, sehingga terjadi peningkatan
sebanyak 33,4%, sedangkan pembelajaran dari siklus I sebesar 66,7% ke siklus II
sebesar 85,7% mengalami peningkatan sebanyak 19%. Pemerolehan hasil akhir
dalam penelitian ini dinyatakan telah sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti
terbukti terbukti dengan hasil analisis aktivitas belajar siswa selama pembelajaran
IPA menggunakan model Sindycate Group dengan media kartu Puzzle pada siklus II
mencapai 66,1% yang termasuk kriteria cukup aktif, sedangkan pada analisis hasil
belajar siklus II mencapai 85,7% yang termasuk kriteria sangat baik. | en_US |