dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SDN Manggisan 02 Tanggul yang
terdiri dari 30 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen dengan
jumlah siswa masing-masing kelompok sebanyak 6 siswa. Jenis penelitiannya adalah
penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan
data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data
dilakukan mulai tanggal 8 Januari 2011 sampai dengan 20 Januari 2011 di SDN
Manggisan 02 Tanggul. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa dan
tes individu. Pada siklus 1 aktivitas siswa mencapai 49,17% dan hasil belajar
mencapai 64,33 serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 60%. Pada siklus 2,
aktivitas siswa secara klasikal mencapai 61,25%, hasil belajar mencapai 75,17% serta
persentase ketuntasan klasikal sebesar 93,33% sehingga secara klasikal memenuhi
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Manggisan 02 Tanggul yaitu: ≥ 60 dari
skor maksimal 100
Beberapa saran berkaitan dengan pembelajaran matematika realistik dalam
proses belajar mengajar, sebaiknya guru terus berupaya mencari alternatif terbaik
bagi siswanya dalam menyampaikan pelajaran, siswa hendaknya lebih bersemangat
dan aktif dalam mencari informasi, serta menjadi masukan bagi penelitian sejenis
dengan pokok bahasan yang lebih luas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa
mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan mengenal
bangun ruang. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar
12,08% dan hasil belajarnya sebesar 10,84 serta ketuntasannya sebesar 33,33%. | en_US |