Show simple item record

dc.contributor.authorNadirah
dc.date.accessioned2013-12-09T02:46:28Z
dc.date.available2013-12-09T02:46:28Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM080210204066
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6454
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas I SDN Manggisan 02 Tanggul yang terdiri dari 30 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen dengan jumlah siswa masing-masing kelompok sebanyak 6 siswa. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 8 Januari 2011 sampai dengan 20 Januari 2011 di SDN Manggisan 02 Tanggul. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa dan tes individu. Pada siklus 1 aktivitas siswa mencapai 49,17% dan hasil belajar mencapai 64,33 serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 60%. Pada siklus 2, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 61,25%, hasil belajar mencapai 75,17% serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 93,33% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Manggisan 02 Tanggul yaitu: ≥ 60 dari skor maksimal 100 Beberapa saran berkaitan dengan pembelajaran matematika realistik dalam proses belajar mengajar, sebaiknya guru terus berupaya mencari alternatif terbaik bagi siswanya dalam menyampaikan pelajaran, siswa hendaknya lebih bersemangat dan aktif dalam mencari informasi, serta menjadi masukan bagi penelitian sejenis dengan pokok bahasan yang lebih luas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan mengenal bangun ruang. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 12,08% dan hasil belajarnya sebesar 10,84 serta ketuntasannya sebesar 33,33%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204066;
dc.subjectMengenal Bangun Ruang, Realistic Mathematics Education (RME)en_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGENAL BANGUN RUANG MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS I SDN MANGGISAN 02 TANGGUL TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record