Show simple item record

dc.contributor.authorMUSKIANI
dc.date.accessioned2013-12-09T02:44:12Z
dc.date.available2013-12-09T02:44:12Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM070210204007
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6451
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di SDN Baratan 01 Jember pada semester genap. Subjek penelitian yang diambil yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Baratan01 Jember tahun pelajaran 2010/2011 yang digunakan yaitu jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi, sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa aktivitas guru selama pembelajaran, hasil observasi motivasi siswa, hasil tes siswa, hasil wawancara, dan dokumen-dokumen lainnya yang mendukung penelitian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dimana setelah dilaksanakan tindakan motivasi siswa hanya mencapai 62,7% yang sebelumnya hanya mencapai 50.1%, namun setelah dilaksanakan siklus II motivasi belajar mengalami peningkatan yang mencapai 78,3%, 2) hasil belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan hasil tes akhir pada akhir siklus I dan siklus II. Pada siklus I kegiatan tes akhir ketuntasan klasikal yaitu sebesar 70% yang sebelumnya hanya mencapai 47% dan pada siklus II kegiatan tes akhir individu siswa secara klasikal mencapai 72%. Setelah siklus II dilaksanakan, ketuntasan belajar siswa telah mencapai ketuntasan secara klasikal sehingga penelitian hanya dilakukan sebanyak 2 siklus. Pembelajaran dengan menggunakan metode cooperative learning model Jigsaw jika dilihat dari motivasi dan hasil belajar yang telah dilakukan pada siswa kelas IV SDN Baratan 01 Jember oleh karena itu disarankan agar peneliti lain serta guru dapat menggunakan metode ini dalam melaksanakan pembelajaran, bagi siswa agar melakukan langkah-langkah pembelajaran ini dengan baik demi tercapainya tujuan pembelajaran dengan baik, selain itu program studi PGSD supaya dapat memanfaatkan metode ini sebagai umpan balik dan alternatif yang baik bagi program pengajaran mahasiswa yang melaksanakan pendidikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204007;
dc.subjectmotivasi dan hasil belajar IPS, bahasan koperasi, cooperative learningen_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KOPERASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN BARATAN 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record