Show simple item record

dc.contributor.authorFidiyan Nurul Hidayah
dc.date.accessioned2013-12-09T02:41:47Z
dc.date.available2013-12-09T02:41:47Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM070210193106
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6445
dc.description.abstractPengamatan tipe trikoma termasuk pembelajaran dengan pengamatan langsung. Proses belajar melalui pengamatan langsung terhadap objek akan menarik perhatian siswa sehingga daya ingat siswa lebih kuat terhadap materi. Berdasarkan data hasil pengamatan diketahui bahwa pada tanaman suku Fabaceae rata-rata memiliki tipe trikoma non glandular yaitu trikoma atau rambut pelindung yang sel trikomanya tidak mengeluarkan zat sekretoris. Sedangkan pada suku Cucurbitaceae memiliki tipe trikoma glandular yaitu trikoma yang mengeluarkan zat sekret. Jumlah sel yang dihasilkan dari pengamatan sangat bervariasi. Ada trikoma yang terdiri dari 2 sel, 3 sel bahkan ada yang mencapai 6 sel. Perbedaan jumlah sel tersebut karena pembelahan sel yang diamati masih belum mencapai titik akhir pembelahan. Menurut Sutrian (1992:149), menjelaskan bahwa sel trikoma akan mengalami pembelahan ketika tumbuhan tersebut masih aktif atau hidup dan sel trikoma akan berhenti pertumbuhannya jika telah mencapai titik puncak pertumbuhan (mati). Inilah yang mengakibatkan bervariasinya susunan trikoma misalnya ada yang unisellular dan juga ada yang multisellular. Identifikasi tipe trikoma diwujudkan dalam media pembelajaran agar dapat menunjang proses pembelajaran biologi. Media yang digunakan berupa awetan preparat mikroskopis dengan metode parafin serta preparat sederhana dengan menggunakan kutek. Selain itu dikembangkan bahan ajar berupa LKS dan modul praktikum untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Uji validasi dilakukan di tiga SMA, masing-masing SMA diambil dua guru untuk dijadikan sebagai validator. SMA tersebut diantaranya SMA Negeri 1 Umbulsari, SMA Negeri 1 Tanggul, serta SMA Negeri 2 Tanggul. Selain dilakukan uji ke guru SMA juga dilakukan uji ke ahli media yaitu Drs. Slamet Hariyadi, M.Si. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa penggunaan media pembelajaran dengan preparat mikroskopis pada sub pokok bahasan struktur jaringan tumbuhan jarang ada karena preparat-preparat ini terbilang mahal serta dalam proses pembuatannya membutuhkan waktu yang lama. Tanpa penggunaan media ini biasanya guru menggantikannya dengan media slide dan gambar-gambar yang ada di buku. Dengan adanya preparat ini guru memberikan tanggapan positif jika digunakan sebagai media. Hasil uji validasi modul praktikum dari guru SMA mendapatkan nilai sebesar 3,41 dan hasil dari ahli media mencapai 3,22 hal ini dapat disimpulkan bahwa modul praktikum yang disusun mendapatkan kriteria baik jika digunakan sebagai salah satu media pembelajaran biologi di SMA. Sedangkan hasil uji validasi LKS dari guru SMA didapatkan skor 3,50 dan hasil dari ahli media mencapai 3,25 hal itu menunjukkan bahwa hasil dari keduanya mendapatkan kriteria baik jika digunakan sebagai salah satu media pembelajaran biologi di SMA. Berdasarkan skor yang didapat diatas menunjukkan bahwa produk berupa modul praktikum, LKS serta preparat sudah dapat dikatakan baik sebagai salah satu media pembelajaran tipe trikoma di SMA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) tanaman suku Fabaceae rata-rata memiliki tipe trikoma non glandular yaitu trikoma atau rambut pelindung yang sel trikomanya tidak mengeluarkan zat sekretoris. Sedangkan pada suku Cucurbitaceae memiliki tipe trikoma glandular yaitu trikoma yang mengeluarkan zat sekret; serta (2) bahan ajar modul praktikum serta LKS tipe trikoma pada suku Fabaceae dan Cucurbitaceae baik untuk dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran biologi khususnya ditingkat SMA (Sekolah Menengah Atas) kelas XI (sebelas) semester gasal pada pokok bahasan struktur jaringan tumbuhan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210193106;
dc.subjectIDENTIFIKASI, MEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.titleIDENTIFIKASI TIPE TRIKOMA PADA TULANG DAUN SUKU FABACEAE DAN CUCURBITACEAE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record