Show simple item record

dc.contributor.authorDYAH YULIANTI
dc.date.accessioned2013-12-09T02:38:31Z
dc.date.available2013-12-09T02:38:31Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM070210193155
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6437
dc.description.abstractDewasa ini pelajaran IPA Biologi di sekolah menuntut kompetensi guru untuk meninggalkan model pembelajaran konvensional dan mengembangkan model pembelajaran modern yang sesuai materi dan kondisi siswa untuk membangkitkan gairah belajar, mengembangkan seluruh potensi anak didik, menanamkan dalam kehidupan sehari-hari, dan menjadikan lingkungan sebagai sumber belajar karena biologi sendiri mempelajari makhluk hidup dan lingkungan. Sehingga guru sebagai ujung tombak dalam pendidikan perlu adanya upaya pengembangan keprofesionalan, kualitas mengajar, dan pembekalan kepada para guru agar mereka lebih kreatif dalam proses pembelajaran di kelas. Guru sebagai pendidik harus meningkatkan profesionalisme guna memperbaiki mutu pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses dan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII-B SMPN Sum bersalak, Jember tahun pelajaran 2011/2012 dengan menerapkan model pembelajaran kooperati tipe TPS dengan metode eksperimen. Penelitian ini memiliki manfaat bagi penulis, dapat dijadikan sebagai wahana untuk memperluas wawasan bagi peneliti lain, memberi masukan dan pentingnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang metode TPS (Think Pair Share). Penelitian ini juga memiliki manfaat bagi lembaga tempat penelitian yaitu SMP Negeri Sumbersalak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu (a) tahap pendahuluan; dan (b) tahap pelaksanaan tindakan. Tahap pelaksanaan tindakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan metode eksperimen dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tes hasil belajar sebanyak dua kali. Komponen-komponen pokok dalam setiap siklus adalah perencanaan atau planning, tindakan atau acting, pengamatan atau observing, refleksi atau reflecting. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas VIII-B SMPN Sumbersalak, Jember pada pembelajaran IPA Biologi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan metode eksperimen dari siklus I ke siklus II persentase keterampilan proses meningkat. Pada siklus II keterampilan observasi siswa meningkat 6,5% menjadi 85%. Keterampilan penyelidikan meningkat 3,3% menjadi 80,6%. Keterampilan komunikasi mengalami peningkatan 23,1% menjadi 79,5%. Keterampilan berhipotesis mengalami peningkatan sebesar 8,1% menjadi 86%. Keterampilan mengajukan pertanyaan meningkat 6,5% menjadi 78,5%. Peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII-B SMPN Sumbersalak, Jember pada pembelajaran IPA Biologi menggunakan model pembelajara kooperatif tipe TPS dengan metode eksperimen pada siklus I presentase ketuntasan hasil belajar dari aspek kognitif sebesar 64,5% dengan rata-rata 71, aspek afektif sebesar 90,3% dengan rata-rata 76,8, dan aspek psikomotorik sebesar 87% dengan rata-rata 83,7. Untuk siklus II presentase ketuntasan hasil belajar dari aspek kognitif sebesar 80,7% dengan rata-rata 75, aspek afektif 100% dengan rata-rata 79,3, dan aspek psikomotorik sebesar 93% dengan rata-rata 78,6. Dari siklus I ke siklus II presentase hasil belajar meningkat, untuk aspek kognitif sebesar 16,1%, aspek afektif sebesar 9,7%, dan aspek psikomotorik sebesar 6,5%. Jadi hasil belajar pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dan telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Kesimpulan dari penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan metode eksperimen meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar IPA Biologi siswa SMPN Sumbersalak, Jember. Kelas dapat memenuhi ketuntasan hasil belajar klasikal. Peneliti berharap dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan ini, guru hendaknya selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar IPA Biologi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210193155;
dc.subjectPENERAPAN MODELen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA SMP NEGERI SUMBERSALAK JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record