• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) DI KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2014

    Thumbnail
    View/Open
    YUDIS BUNGA BARATA.pdf (244.7Kb)
    Date
    2014
    Author
    Yudis Bunga Barata
    A.T. Hendrawijaya
    Deditiani Tri Indrianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan hal yang memegang peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa serta merupakan suatu proses yang memiliki tujuan. Lingkungan belajar merupakan kondisi dan segala fasilitas yang digunakan untuk kegiatan belajar sehari-hari. Selain lingkungan belajar, keberhasilan prestasi warga belajar juga dipengaruhi oleh motivasi belajar. Dengan adanya motivasi, warga belajar lebih keras, ulet, tekun dan memiliki konsentrasi penuh dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini diawali dengan suatu permasalahan, yaitu adakah pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar pada warga belajar kejar paket C di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Kabupaten Bondowoso tahun 2014. Data Penelitian ini diperoleh dari responden yang berjumlah 16 warga belajar dengan menggunakan angket, yang diolah menggunakan analisis statistik korelasi tata jenjang karena kurang dari 30 warga belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini berarti “Ada Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Pada Warga Belajar Kejar Paket C di Sanggar Kegitaan Belajar (SKB) di Kabupaten Bondowoso Tahun 2014”. Selanjutnya untuk mengetahui sejauh, mana pengaruhnya untuk N=16 dengan taraf kepercayaan 95% dengan r hitung 0,7309 pada tabel interprestasi terletak diantara 0,600 – 0,800 dengan tingkat korelasi Cukup untuk menentukan atau menafsirkan tinggi rendahnya hasil perhitungan tingkat korelasi. Semakin baik lingkungan belajar yang diterapkan dalam proses belajar semakin baik pula motivasi belajar pada warga belajar. Sebaliknya jika lingkungan belajar kurang maksimal maka timbulnya motivasi belajar akan idak maksimal juga pada warga belajar. Saran untuk Kepala SKB dan pamong sebaiknya lebih memperhatikan lingkungan belajar terhadap warga belajar agar timbul motivasi belajar yang baik. semakin baik lingkungan belajar ya
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64213
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 

      Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)
      Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU (2014-01-30)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU (2014-01-29)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository