• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Proses Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Sub Pokok Bahasan Trapesium Berdasarkan Tahapan Wallas Ditinjau dari Adversity

    Thumbnail
    View/Open
    WISAS YUAN ISVINA.pdf (289.6Kb)
    Date
    2015
    Author
    Wisas Yuan Isvina
    Titik Sugiarti
    Dian Kurniati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dengan AQ tinggi (climber), AQ sedang (camper), dan AQ rendah (quitter) kelas VII-C SMP Negeri 1 Jember dalam memecahkan masalah sub pokok bahasan trapesium berdasarkan tahapan Wallas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, dan angket. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-C yang berjumlah 36 orang. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian ini yaitu lembar jawaban siswa mengenai soal tes pemecahan masalah matematika dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII-C dengan masing-masing subjek yaitu S1 (Siswa dengan kategori AQ tinggi), S2 (Siswa dengan kategori AQ sedang), dan S3 (Siswa dengan kategori AQ rendah) dapat menyelesaikan tes pemecahan masalah sesuai dengan tahapan proses berpikir kreatif (tahap Wallas) yang sudah ditentukan. Hasil analisis menunjukkan bahwa masing-masing subjek berbeda dalam proses mengerjakannya. Siswa dengan AQ tinggi (climber) banyak menunjukkan adanya karakteristik berpikir kreatif yang sesuai dengan kategori climber, siswa dengan AQ sedang (camper) cenderung menunjukkan beberapa karakteristik berpikir kreatif yang lebih sesuai dengan kategori peralihan dari quitter menuju camper, dan siswa dengan AQ rendah (quitter) tidak menunjukkan karakteristik berpikir kreatif yang sesuai dengan kategori quitter.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64196
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository