dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Kidul 04 dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA melalui penerapan strategi belajar PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review). Hal ini dikarenakan di SDN Jember Kidul 04 terdapat permasalahan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah, yang salah satunya karena penggunaan strategi belajar siswa yang tidak tepat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian dilakukan di SDN Jember Kidul 04 Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Jember Kidul 04 yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan strategi belajar PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) skor rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 72,74 pada siklus I dan pada siklus II 80,12. Demikian juga dengan skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 70,84 pada siklus I dan pada siklus II 85,42. | en_US |