Show simple item record

dc.contributor.authorSuroto
dc.contributor.authorHendra Wijaya
dc.contributor.authorDeditiani Tri Indrianti
dc.date.accessioned2015-10-07T08:06:51Z
dc.date.available2015-10-07T08:06:51Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64123
dc.description.abstractKualitas sumber daya manusia ini menyangkut dua aspek, yakni aspek fisik dan aspek nonfisik yang menyangkut kemampuan bekerja, berpikir, dan keterampilan lain. Oleh sebab itu, upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia ini juga dapat diarahkan kepada kedua aspek tersebut. Pembinaan anak melalui program pendidikan baca tulis Al-Qur’an adalah salah satu cara untuk membekali anak mampu mengembangkan potensi yang ada pada dirinya sekaligus mampu menjadi manusia yang berkualitas. Peneliti tertarik untuk meneliti dan memahami lebih lanjut Pengaruh program pendidikan  baca tulis Al-Qur’an terhadap Peningkatan kualitas anak, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan korelasi product moment, sedangkan penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive sampling area kemudian peneliti menetapkan bahwa lokasi yang dijadikan tempat sebagai penelitian adalah Yayasan yatim piatu Ar-Rahmah Kecamatan Sumbersari  Kabupaten Jember. Data primer didapat dari wawancara dengan informan kunci dan informan pendukung, dan hasil pengamatan dilapangan dan data sekunder didapat dari dokumen dan kepustakaan. Penentuan informan menggunakan purposive sampling area adalah metode yang dilakukan dengan cara mengambil subjek dengan adanya tujuan tertentu, sedangkan informan pendukung adalah Kepala dan Tutor  Yayasan yatim piatu Ar-Rahmah. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi, dokumentasi. Temuan dalam peneliatian ini menunjukkan bahwa pengaruh program pendidikan baca tulis Al-Qur’an sangat berperan dalam Peningkatan Kualitas anak sehingga berdampak pada bertambahnya pengetahuan dan meningkatnya keterampilan anak asuh, oleh karena itu pembinaan Pengaruh program baca tulis Al-Qur’an diharapkan dapat berlanjut secara terus menerus hingga mencapai hasil yang lebih optimal dengan tujuan agar dapat menghasilkan generasi penerus bangsa yang cerdas. Berdasarkan análisis data dapat disimpulkan bahwasannya Tutor dalam program pendidikan ini terlihat jelas sangat berperan dalam peningkatan kualitas anak. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu yang pertama adalah bagi tutor, hendaknya dapat lebih berperan dalam memotivasi dan membimbing anak asuh agar mampu mendorong anak asuh dalam meningkatkan keterampilannya. Yang kedua bagi anak asuh, hendaknya lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki. Yang terakhir bagi Yayasan yatim piatu Ar-Rahmah Kabupaten Jember hendaknya lebih giat lagi dalam meningkatkan program pendidikan  yang ada di yayasan tersebut agar masyarakat dapat mengetahui betapa pentingnya pendidikan bagi pengembangan sumber daya manusia.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectPengaruh program pendidikan baca tulis Al-qQur’anen_US
dc.subjectPeningkatan Kualitas anak.en_US
dc.titlePengaruh Program Pendidikan Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Kualitas Anak di Yayasan Yatim Piatu Ar-Rahmah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jemberen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record