Pengaruh Program Pendidikan Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Kualitas Anak di Yayasan Yatim Piatu Ar-Rahmah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember
View/ Open
Date
2014Author
Suroto
Hendra Wijaya
Deditiani Tri Indrianti
Metadata
Show full item recordAbstract
Kualitas sumber daya manusia ini menyangkut dua aspek, yakni aspek fisik dan aspek nonfisik yang menyangkut kemampuan bekerja, berpikir, dan keterampilan lain. Oleh sebab itu, upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia ini juga dapat diarahkan kepada kedua aspek tersebut. Pembinaan anak melalui program pendidikan baca tulis Al-Qur’an adalah salah satu cara untuk membekali anak mampu mengembangkan potensi yang ada pada dirinya sekaligus mampu menjadi manusia yang berkualitas. Peneliti tertarik untuk meneliti dan memahami lebih lanjut Pengaruh program pendidikan baca tulis Al-Qur’an terhadap Peningkatan kualitas anak, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan korelasi product moment, sedangkan penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive sampling area kemudian peneliti menetapkan bahwa lokasi yang dijadikan tempat sebagai penelitian adalah Yayasan yatim piatu Ar-Rahmah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Data primer didapat dari wawancara dengan informan kunci dan informan pendukung, dan hasil pengamatan dilapangan dan data sekunder didapat dari dokumen dan kepustakaan. Penentuan informan menggunakan purposive sampling area adalah metode yang dilakukan dengan cara mengambil subjek dengan adanya tujuan tertentu, sedangkan informan pendukung adalah Kepala dan Tutor Yayasan yatim piatu Ar-Rahmah. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi, dokumentasi. Temuan dalam peneliatian ini menunjukkan bahwa pengaruh program pendidikan baca tulis Al-Qur’an sangat berperan dalam Peningkatan Kualitas anak sehingga berdampak pada bertambahnya pengetahuan dan meningkatnya keterampilan anak asuh, oleh karena itu pembinaan Pengaruh program baca tulis Al-Qur’an diharapkan dapat berlanjut secara terus menerus hingga mencapai hasil yang lebih optimal dengan tujuan agar dapat menghasilkan generasi penerus bangsa yang cerdas. Berdasarkan análisis data dapat disimpulkan bahwasannya Tutor dalam program pendidikan ini terlihat jelas sangat berperan dalam peningkatan kualitas anak. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu yang pertama adalah bagi tutor, hendaknya dapat lebih berperan dalam memotivasi dan membimbing anak asuh agar mampu mendorong anak asuh dalam meningkatkan keterampilannya. Yang kedua bagi anak asuh, hendaknya lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki. Yang terakhir bagi Yayasan yatim piatu Ar-Rahmah Kabupaten Jember hendaknya lebih giat lagi dalam meningkatkan program pendidikan yang ada di yayasan tersebut agar masyarakat dapat mengetahui betapa pentingnya pendidikan bagi pengembangan sumber daya manusia.
Collections
- SRA-Education [1352]