Show simple item record

dc.contributor.authorSiti Alfiah
dc.contributor.authorMuji
dc.contributor.authorAnita Widjajanti
dc.date.accessioned2015-10-07T01:53:27Z
dc.date.available2015-10-07T01:53:27Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64093
dc.description.abstractTuturan persuasif adalah tuturan yang disampaikan oleh pedagang dengan tujuan mempengaruhi pembeli agar melakukan sesuatu sesuai dengan keinginannya. Tuturan persuasif pedagang memiliki berbagai wujud dan modus tuturan. Bagaimanakah wujud dan modus tuturan pada pedagang dalam interaksi jual beli di Pasar Tanjung Jember. Masalah ini disikapi dengan menggunakan desain penelitian kualitatif jenis deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi yang meliputi teknik rekam dan teknik catat. Hasil penelitian ini diperoleh 3 wujud tuturan persuasif yang terbagi dalam 11 kategori, yaitu wujud deklaratif yang terdiri dari dua kategori (deklaratif informasi dan deklaratif pernyataan); wujud interogatif yang terdiri dari empat kategori (interogatif ya-tidak, interogatif dengan kata “apa”, interogatif dengan kata tanya tertentu, dan interogatif pembalikan); dan wujud imperatif yang terdiri dari lima kategori (imperatif permintaan, suruhan, larangan, nasihat, dan persilaan); serta 3 jenis modus tuturan, yaitu modus deklaratif, modus interogatif, dan modus imperatif. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berjumlah 24 data.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjecttindak tuturen_US
dc.subjectpersuasien_US
dc.subjectwujuden_US
dc.subjectmodusen_US
dc.titleTUTURAN PERSUASIF PEDAGANG DALAM INTERAKSI JUAL BELIen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record