TUTURAN PERSUASIF PEDAGANG DALAM INTERAKSI JUAL BELI
Abstract
Tuturan persuasif adalah tuturan yang disampaikan oleh pedagang dengan tujuan mempengaruhi pembeli agar melakukan sesuatu sesuai dengan keinginannya. Tuturan persuasif pedagang memiliki berbagai wujud dan modus tuturan. Bagaimanakah wujud dan modus tuturan pada pedagang dalam interaksi jual beli di Pasar Tanjung Jember. Masalah ini disikapi dengan menggunakan desain penelitian kualitatif jenis deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi yang meliputi teknik rekam dan teknik catat. Hasil penelitian ini diperoleh 3 wujud tuturan persuasif yang terbagi dalam 11 kategori, yaitu wujud deklaratif yang terdiri dari dua kategori (deklaratif informasi dan deklaratif pernyataan); wujud interogatif yang terdiri dari empat kategori (interogatif ya-tidak, interogatif dengan kata “apa”, interogatif dengan kata tanya tertentu, dan interogatif pembalikan); dan wujud imperatif yang terdiri dari lima kategori (imperatif permintaan, suruhan, larangan, nasihat, dan persilaan); serta 3 jenis modus tuturan, yaitu modus deklaratif, modus interogatif, dan modus imperatif. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berjumlah 24 data.
Collections
- SRA-Education [1352]