Show simple item record

dc.contributor.authorSinta Wahyuning Tias
dc.contributor.authorHari Satrijono
dc.contributor.authorMuhtadi Irvan
dc.date.accessioned2015-10-07T01:27:26Z
dc.date.available2015-10-07T01:27:26Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64087
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan dengan tujuan untuk mendiskripsikan proses penggunaan media video yang dapat meningkatkan kemampuan menyimak dongeng dan untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongeng pada siswa melalui penggunaan media video. Hal ini dikarenakan terdapat permasalahan bahwa kemampuan menyimak dongeng siswa masih kurang baik sehingga diperlukan suatu media pembelajaran. Media pembelajaran ini adalah media video. Penggunaan media video dapat dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa karena dengan video siswa lebih bisa serius dalam menyimak pelajaran (dongeng). Media video berfungsi sebagai alat untuk memudahkan siswa dalam memahami isi dongeng dengan adanya gambar yang mengkonkritkan isi dongeng selain itu video juga akan menjadikan perhatian siswa lebih terfokus sehingga pembelajaran menyimak akan lebih kondusif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 27 siswa kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan media video dilaksanakan sebanyak dua siklus. Siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak dongeng siswa kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan meningkat. Peningkatan kemampuan menyimak dongeng siswa kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang kemampuan menyimaknya terkualifikasi sangat baik dari 4 siswa (15,4%) meningkat menjadi 8 siswa (29,6%). Siswa yang kemampuan menyimaknya terkualifikasi baik mengalami peningkatan dari 2 siswa (7,7%) menjadi 6 siswa (22,2%). Siswa yang kemampuan menyimaknya terkualifikasi cukup baik mengalami peningkatan dari 1 siswa (3,8%) menjadi 5 siswa (18,5%). Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan media video dapat meningkatkan kemampuan menyimak dongeng siswa kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruan.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectkemampuanen_US
dc.subjectmenyimak dongengen_US
dc.subjectvideoen_US
dc.titlePenggunaan Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dongeng pada Siswa Kelas II MI Sirojul Huda Rejoso Pasuruanen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record