Model Quantum Learning Dengan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Fisika Di Kelas VIII SMPN 7 Jembe
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh hasil belajar siswa antara menggunakan model quantum learning disertai
metode eksperimen dengan pembelajaran konvensional dan aktivitas belajar siswa selama menggunakan model pembelajaran
quantum learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Data untuk mengetahui hasil belajar
diperoleh dari nilai post-test dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata pre-test dan post-test yang di peroleh
dari kelas eksperimen adalah 54,46. Nilai post-test dari kelas kontrol adalah 54,85. Aktivitas siswa dibuat dengan data skor
selama menggunakan model quantum learning dengan metode eksperimen dalam kategori baik. Hasil analisis data ini
membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan model quantum learning dengan metode eksperimen lebih baik daripada
pembelajaran pada kelas kontrol pada aktivitas belajar siswanya, sedangkan hasil belajarnya lebih rendah.
Collections
- SRA-Education [1352]